Kamis, 15 Mar 2018 23:17 WIB

Bolehkah Bisul Dipencet? Ini Kata Dokter Kulit

Suherni Sulaeman - detikHealth
Bisul di bagian tertentu bikin duduk terasa tidak nyaman (Foto: Thinkstock) Bisul di bagian tertentu bikin duduk terasa tidak nyaman (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Bisul merupakan salah satu penyakit yang cukup dikenal oleh masyarakat. Penyakit ini memang hanya merupakan foliker kecil pada kulit, namun rasa nyeri yang diakibatkan sering membuat orang tidak tahan.

Bisul biasanya berawal dari benjolan merah dan lunak di daerah kulit, yang lama-kelamaan akan menjadi lebih keras. Kemudian di tengah benjolan tersebut akan terbentuk puncak berwarna putih yang akan memecah.

"Bengkak yang timbul di tempat bisul merupakan usaha tubuh dalam melokalisir infeksi," kata dokter spesialis kulit, dr Galih Manggala.



Pada beberapa kasus, bisul memang tidak lantas pecah begitu saja. Tapi dr Galih menegaskan bahwa bisul tidak boleh dipencet atau dipecahkan secara paksa karena dapat memperparah infeksi.

"Bisul sebenarnya tidak boleh dipencet karena dikhawatirkan justru terjadi penyebaran bakteri, yang dapat mengakibat infeksi masuk lebih dalam ke soft tissue dan otot," tegas dr Galih.



(hrn/up)
News Feed