Selasa, 20 Mar 2018 14:14 WIB

Aktor Stephen Fry Ceritakan Perjuangannya Melawan Kanker Prostat

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Aktor asal InggrisStephen Fry baru-baru ini membagikan kisah perjuangannya melawan kanker prostat.Foto: Matthew Eisman/Getty Images Aktor asal InggrisStephen Fry baru-baru ini membagikan kisah perjuangannya melawan kanker prostat.Foto: Matthew Eisman/Getty Images
Jakarta - Kanker prostat adalah salah satu penyakit yang bisa mematikan bagi pria. Aktor senior asal Inggris Stephen Fry baru-baru ini membagikan kisah perjuangannya melawan kanker prostat.

Pria 60 tahun ini mengaku didiagnosis positif kanker prostat pada bulan Desember 2017. Selama dua bulan Fry melakukan serangkaian pengobatan dan kemoterapi.


"Aku pergi ke dokter sebelum Natal untuk mendapatkan vaksinasi flu, dan malah menemukan adanya kanker prostat," ujar Fry dengan gaya komedinya yang khas, dikutip dari Channel News Asia.

Tak mau menunggu lama, aktor komedi legendaris ini langsung merencanakan operasi pengangkatan prostatnya. Pada akhir bulan Februari 2018 lalu, ia pun melakukan operasi pengangkatan prostat.

Hasil pemeriksaan terakhir menunjukkan tanda positif. Kanker yang ada di prostatnya diketahui tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain.

"Saat ini, saya dalam keadaan fit dan senang. Menurut saya, intervensi awal yang dilakukan menyelamatkan nyawa saya," ujarnya lagi.

Pemeran film V for Vendetta serta The Hitchhiker's Guide to the Galaxy ini pun memberikan pesan kepada pria-pria untuk tidak ragu melakukan pengecekan prostat. Meski mematikan, kanker prostat bisa dihilangkan dengan baik jika ditemukan lebih awal.

(mrs/up)
News Feed