Kamis, 22 Mar 2018 19:31 WIB

Tangan Pria Ini Benjol, Setelah Diperiksa Karena Infeksi Jantung

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Benjol biasanya muncul ketika seseorang mengalami benturan keras membuat tubuh membengkak. Namun ketika benjol tiba-tiba datang muncul begitu saja tanpa alasan jelas tentu saja hal tersebut patut dicurigai.

Hal ini terjadi pada seorang pria berusia 27 tahun yang belakangan kasusnya dipublikasi di The New England Journal of Medicine. Awalnya sang pria melihat ada rona merah di tangan kanan, namun dalam waktu beberapa minggu rona tersebut berubah menjadi benjolan berwarna kebiruan.


Karena khawatir sang pria langsung pergi ke rumah sakit. Kepada dokter ia mengatakan selain masalah benjolan kadang dirinya juga suka merasa sesak di dada, demam, mudah berkeringat malam hari, dan kehilangan nafsu makan.

Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa benjolan pada tangan pria tersebut ternyata adalah aneurisma atau pembuluh darah yang menggelembung. Diteliti lebih jauh penyebabnya ditemukan bahwa sang pria memiliki infeksi jantung berbahaya oleh bakteri Streptococcus.

Benjolan muncul di tangan pria, diagnosis dokter adalah infeksi jantung.Benjolan muncul di tangan pria, diagnosis dokter adalah infeksi jantung. Foto: Live Science/The New England Journal of Medicine

Diduga infeksi yang bersumber di jantung ini menyebar dalam darah hingga akhirnya merusak pembuluh darah di tangan membentuk benjolan.

Melihat sejarah kesehatan sang pria dokter menyebut kemungkinan bakteri Streptococcus masuk menginfeksi jantung ketika ia berkunjung ke dokter gigi. Memang bakteri diketahui bisa masuk dari gusi ketika dilakukan prosedur perawatan gigi.

Dikutip dari Live Science pada Kamis (22/3/2018), sang pria diberikan antibiotik untuk melawan infeksi. Keluhan demam dan berkeringatnya hilang dalam waktu dua hari namun ia perlu operasi untuk membetulkan pembuluh darah di jantung dan tangannya.

(fds/up)
News Feed