Senin, 02 Apr 2018 13:24 WIB

Dukung Atlet Asian Games 2018, Menkes Siapkan 25 Ambulans VVIP

Widiya Wiyanti - detikHealth
Akan ada 25 ambulans super VVIP di Asian Games 2018 mendatang (Foto: Widiya/detikHealth) Akan ada 25 ambulans super VVIP di Asian Games 2018 mendatang (Foto: Widiya/detikHealth)
Jakarta - Indonesia akan menjadi tuan rumah kompetisi olahraga akbar regional Asia, yakni Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan pada 18 Agustus - 2 September.

Diperkirakan ada kurang lebih 15.000 atlet yang akan berlaga dalam kompetisi tersebut, yang termasuk atlet Indonesia di dalamnya. Salah satu yang diperhatikan Menteri Kesehatan RI, Nila F. Moeloek adalah kesehatan para atlet yang akan bertanding.

"Atlet adalah aset berharga untuk suatu negara, karena itu kesehatannya harus dijaga dengan baik. Mereka harus kita perhatikan. Sebab kalau terganggu kesehatannya, sulit untuk mencari atlet pengganti, apalagi kalau atlet ini berprestasi," ujarnya usai acara Pembukaan Refreshing Workshop Emergency in Sport Event SDM Tim Kesehatan Asian Games dan Asian Para Games Tahun 2018 di Hotel JW Marriott Jakarta, Senin (2/4/2018).



Untuk itu, Kementerian Kesehatan RI bersama dengan Indonesia Asian Games Organizing Committe (Inasgoc) menyediakan 1.400 tenaga kesehatan yang terdiri dari 407 dokter, 813 perawat, dan 180 fisioterapis. Tenaga kesehatan tersebut akan bertugas di empat provinsi, yaitu DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Jawa Barat, dan Banten.

Menkes Nila berharap semua tenaga kesehatan yang bertugas bisa bekerja secara profesional dan memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh atlet guna mengurangi tingkat cedera nantinya.

"Maka itu, kita harus mengurangi kecelakaan atau cedera pada atlet. Kita perlu nakes (tenaga kesehatan) yang paham tentang emergency atau kedokteran olahraga," tuturnya.

Untuk menunjang hal tersebut, Kemenkes juga menyediakan 25 unit ambulans emergency super VVIP dan bekerja sama dengan 21 rumah sakit rujukan.

(wdw/up)
News Feed