Rabu, 11 Apr 2018 12:05 WIB

Gara-gara Obat Jerawat, Mata Remaja Ini Nyaris Buta

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Emma OMahoney tak menyangka pengobatan jerawatnya hampir membuatnya kehilangan penglihatan. Ia pun menceritakan kisahnya. Foto: instagram/Emmamyhoney Emma O'Mahoney tak menyangka pengobatan jerawatnya hampir membuatnya kehilangan penglihatan. Ia pun menceritakan kisahnya. Foto: instagram/Emmamyhoney
Jakarta - Layaknya remaja pada umumnya, Emma O'Mahoney sedang mengalami masa puber. Tak pelak, wajahnya pun kerap ditumbuhi jerawat berwarna merah.

Merasa jerawatnya sudah tak lagi tertangani, ia pun pergi ke dokter. Remaja 19 tahun asal Indiana, Amerika Serikat ini diresepkan obat jerawat, termasuk doxycycline yang umum digunakan untuk mengatasi masalah jerawat.

Wajah Emma pun kembali cerah. Namun setelah mengonsumsi obat ini 2 tahun berturut-turut, serangkaian masalah kesehatan mulai menyertainya, mulai dari nyeri punggung, suara berdenging di telinga, hingga penglihatan yang semakin kabur.


"Nyeri punggungku sangat parah hingga aku tak bisa mengikuti latihan dansa. Telingaku berdenging, namun dokter mengatakan hanya masalah peredaran darah biasa," ujar Emma, dikutip dari Independent.

"Begitu aku mengeluhkan pandangan, akhirnya ditemukan aku mengidap intracranial hypertensin. Dokter di rumah sakit bilang aku akan buta jika terlambat berobat sedikit saja," tuturnya lagi.

Pemeriksaan menunjukkan masalah yang dialami Emma berasal dari konsumsi doxycycline untuk menghilangkan jerawatnya. Efek samping obat ini cukup keras jika dikonsumsi dalam jangka panjang, mulai dari sakit kepala, mual, muntah, hingga sensitif terhadap sinar matahari.

Emma memperlihatkan pupil matanya yang berbeda ukuran, tanda mengalami masalah penglihatanEmma memperlihatkan pupil matanya yang berbeda ukuran, tanda mengalami masalah penglihatan Foto: instagram/Emmamyhoney

Menjalani pengobatan dan beragam operasi selama setahun, Emma kini sudah mulai menerima jerawat yang muncul di wajahnya. Meski begitu, dampak konsumsi obat jerawatnya masih terlihat, dengan pupil di bagian matanya yang lebih kecil sebelah.

Emma mengaku memiliki blind spot di matanya. Ia juga kesulitan untuk melihat dari bagian bawah di mata sebelah kiri. Meski begitu, Emma tetap optimis menjalani kehidupan.

"Kulitku mungkin tak sebersih dulu, namun aku merasa baik-baik saja. Inilah diriku, tanpa make-up, dengan wajah berjerawat, namun tetap bahagia," tutupnya.

(mrs/up)
News Feed