Senin, 16 Apr 2018 15:15 WIB

Iritasi Hingga Sirosis Hati, Ini Efek Miras Oplosan di Dalam Tubuh

Widiya Wiyanti - detikHealth
Miras oplosan bisa sebabkan iritasi hingga sirosis hati. Foto: Polisi musnahkan miras (Bil-detikcom) Miras oplosan bisa sebabkan iritasi hingga sirosis hati. Foto: Polisi musnahkan miras (Bil-detikcom)
Jakarta - Minuman keras (miras) oplosan sangat berbahaya dan bahkan bisa mematikan. Sebut saja tercatat 45 orang di Kabupaten Bandung tewas usai menenggak minuman tersebut.

Seberapa bahaya kah miras oplosan ini bagi tubuh? dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, ahli saluran pencernaan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo mengatakan bahwa alkohol yang terkandung dalam miras oplosan bisa menyebabkan efek kronis bagi tubuh.

"Akan terbakar di rongga mulut, kerongkongan, seperti Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Sampai di lambung prosesnya akan bertahan dulu 2-3 jam atau bahkan bisa 4 jam. Proses bertahan ini tentu akan ada paparan zat itu dengan dinding lambung agak lama. Karena lambung tidak siap maka akan terjadi luka," ujarnya saat ditemui di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesai, Salemba, Jakarta Pusat, Senin (16/4/2018).


Tidak berakhir di lambung, alkohol juga bisa membuat rusak organ lainnya, seperti liver dan usus. Bahkan dr Ari mengatakan bahwa alkohol dapat menyebabkan sirosis hati.

"Terjadi suatu peradangan pada liver, jadi kronis, penciutan, dan sampai terjadi kanker liver," imbuhnya.

Selain menyebabkan kondisi kronis pada berbagai organ tubuh penting, alkohol ini kerap digunakan sebagai sarana penenang. Karena alkohol dapat menyebabkan efek sedasi dan hypnosis.

"Kalau di luar negeri minum alkohol agar tidurnya bisa lebih enak. Karena alkohol memang membuat ngantuk. Sedasi di otak itu yang buat ngantuk," jelas dokter yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran UI ini.

"Alkohol juga bisa membuat otak kita jadi senang atau efek euforia. Tapi bisa juga menyetop jalan napas dan jantung," tandasnya.

(wdw/up)
News Feed