Selasa, 17 Apr 2018 17:15 WIB

Satu Dekade Dokter Kecil Award, IDI Berharap Bisa Jadi Role Model

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Kegiatan dokter kecil diharapkan bsia menjadi sarana edukasi gaya hidup sehat (Foto: Frieda) Kegiatan dokter kecil diharapkan bsia menjadi sarana edukasi gaya hidup sehat (Foto: Frieda)
Jakarta - Selama ini kita hanya mengetahui 'profesi' dokter kecil saat berada di bangku sekolah dasar. Seringkali 'profesi' hanya kita pandang sebelah mata dan sebagai salah satu kegiatan saat bersekolah.

Namun, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memandang dokter kecil sebagai salah satu role model yang diharapkan menginisiasi, memotivasi bahkan mengkatalisator terbentuknya pola hidup sehat.

Sejak tahun 2008 hingga 2016 IDI mengadakan Dokter Kecil Award sebagai kegiatan tahunannya. Perubahan ini nantinya lewat penggalakan kampanye kesehatan dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan rumah, sekolah dan teman sebayanya.

"Dari tahun ke tahun kita nggak nyari yang paling pintar, atau yang jadi juara kelas. Tapi nyari yang bisa jadi role model dan agent of change," tutur Ketua Pengarah Satu Dekade Dokter Kecil Award 2016, dr Ulul Albab, SpOG dalam acara jumpa pers yang diadakan di kantor pusat PB IDI, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (17/4/2018).



Peserta Dokter Kecil Award adalah siswa-siswi sekolah dasar yang telah melalui seleksi terstandarisasi dari tingkat kabupaten dan provinsi di IDI wilayah masing-masing. Para dokter kecil terbaik provinsilah yang maju mewakili daerahnya untuk bersaing di tingkat nasional.

Untuk tahun ini penghargaan bergengsi di dunia pendidikan kesehatan tersebut tidak diadakan. Sebagai gantinya diadakan reuni yang akan bertempat di Camp Huu Cai, Ciawi Bogor dari tanggal 17 hingga tanggal 20 April 2018.

Di acara reuni tersebut, nantinya akan berkumpul para pemenang dokter kecil yang akan diberikan pelatihan dan pembekalan serta berbagi pengalaman dan saling berdiskusi tentang kegiatan mereka selepas mengikuti Dokter Kecil Award PB IDI.

(up/up)
News Feed