Jumat, 20 Apr 2018 07:45 WIB

Mana yang Bikin Gigi Lebih Kuning, Teh atau Kopi?

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Teh disebut-sebut bisa membuat gigi lebih kuning. (Foto: iStock) Teh disebut-sebut bisa membuat gigi lebih kuning. (Foto: iStock)
Jakarta - Sama-sama bermanfaat untuk tubuh, teh dan kopi memiliki dampak lain yang menyebalkan. Ya, peminum teh dan kopi pasti tahu bahwa dua minuman tersebut rentan menyebabkan gigi menjadi kuning.

Selama ini, kopi dianggap lebih berdampak negatif bagi gigi. Namun Jordan Kirk, pakar kesehatan gigi dari White Glo, mengatakan justru teh yang lebih mudah membuat gigi menjadi kuning.

"Enamel gigi memiliki pori-pori, yang membuat tanin, enzim yang membuat gigi kuning, lebih mudah terserap," ungkap Kirk, dikutip dari The Independent.

Selain tanin, teh juga diketahui mengandung beberapa zat lain yang mudah menyebabkan gigi kuning, di antaranya theaflavin, thearubigin dan theabrownin. Semakin kental dan lama kamu menyeduh teh, semakin mudah pula gigi menjadi kuning.

Di sisi lain, beberapa zat tanin juga diketahui bersifat antioksidan dan bisa mencegah kanker hingga penyakit jantung. Victor R Preedy dalam bukunya Tea in Health and Disease Prevention menyebut green tea memiliki kandungan antioksidan tinggi, oleh karena itu lebih mudah membuat gigi kuning.

Konsumsi tanin dalam jumlah besar juga diketahui meningkatkan risiko sakit perut karena iritasi. Dalam penelitian juga disebutkan konsumsi green tea dalam jumlah banyak bisa mengakibatkan penyakit hati.

Walau begitu, dr Payal Sharma Birch dari klinik gigi Smile Impressions mengatakan gigi kuning karena doyan minum teh bisa dikurangi dengan rutin sikat gigi.

"Sikat gigi dua kali dalam sehari, minimal dua menit, bisa menjaga gigi tetap cemerlang," ungkapnya.
(mrs/fds)
News Feed