Sabtu, 21 Apr 2018 14:06 WIB

Mengenal Pankreatitis, Penyakit yang Diidap DJ Avicii Sebelum Meninggal

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: DJ Avicii (Instagram Dipha Barus) Foto: DJ Avicii (Instagram Dipha Barus)
Jakarta - DJ Avicii ditemukan meninggal baru-baru ini di Muscat, Oman. Avicii diketahui pernah mengidap penyakit pankreatitis sebelum meninggal.

Pankreatitis atau radang pankreas adalah peradangan yang terjadi pada organ pankreas. Radang pankreas terjadi akibat adanya reaksi kimia karena enzim pencernaan yang dilepaskan tidak mengalir ke saluran cerna dan berbalik menyerang pankreas.


Situs WebMD menyebut ada dua jenis pankreatitis, yakni pankreatitis akut dan pankreatitis kronis. Pankreatitis kronis adalah peradangan pada pankreas yang terjadi dalam waktu lama, dan biasanya muncul pasca seseorang terserang pankreatitis akut.

"Penyebab lainnya dari pankreatitis kronis adalah konsumsi minuman alkohol yang berlebih. Biasanya, seseorang yang menggemari minuman alkohol dan pernah mengalami pankreatitis akut lebih mudah terserang pankreatitis kronis bertahun-tahun kemudian," tulis WebMD.

Di sisi lain, pankreatitis akut adalah radang pankreas yang terjadi secara cepat dan dalam waktu singkat. Gejala utamanya adalah rasa nyeri dibagian perut. Jika tak segera ditangani, komplikasi pankreatitis akut bisa menyebabkan kematian.

"Sebagian besar pasien yang mendapat pertolongan bisa selamat dan sembuh. Sisanya berisiko mengalami komplikasi yang menyebabkan perdarahan, rusaknya jaringan, infeksi hingga munculnya kista," demikian dikutip dari WebMD.

DJ Avicii sendiri diketahui pernah memiliki riwayat pankreatitis akut. Di tahun 2014, kantung empedu dan usus buntunya harus diangkat akibat konsumsi minuman keras yang terlalu banyak.

Pada tahun 2016, pemilik nama asli Tim Bergling itu memang pernah mengungkapkan kesehatannya yang memburuk. Hal itu berbuntut pada dibatalkannya tur konser dunianya dengan penampilan terakhir di Bahrain.

(mrs/mrs)
News Feed