Sabtu, 21 Apr 2018 16:01 WIB

Catat! Ini Gejala Pankreatitis yang Diidap DJ Avicii

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
DJ Avicii meninggal dunia karena pankreatitis. Foto: DJ Avicii (Instagram Avicii) DJ Avicii meninggal dunia karena pankreatitis. Foto: DJ Avicii (Instagram Avicii)
Jakarta - DJ Avicii ditemukan meninggal dunia baru-baru ini di Muscat, Oman, Jumat (20/4/2018) waktu setempat. Pria asal Swedia bernama asli Tim Bergling ini diketahui pernah mengidap radang pankreas atau biasa juga disebut pankreatitis.

Pankreatitis merupakan penyakit radang pankreas yang terjadi ketika enzim pencernaan yang dihasilkan tak masuk ke saluran cerna dan malah berbalik menyerang pankreas. Pankreatitis juga lazim terjadi pada orang yang mengalami batu empedu dan doyan minum-minuman keras.


Situs WebMD melansir beberapa gejala khas yang umumnya ditemui pasien pankreatitis. Hal pertama yang umumnya dirasakan pasien adalah rasa nyeri di bagian perut atas dan terasa hingga punggung.

"Pada pasien pankreatitis akut, nyeri ini bisa dipicu oleh konsumsi makanan dengan lemak tinggi. Sementara pada pasien pankreatitis kronis, nyeri yang dirasakan bisa membuat mereka tak bisa melakukan aktivitas," tulis WebMD.

Selain nyeri perut, pengidap pankreatitis juga lazim mengalami mual, muntah dan diare. Hal ini terjadi karena enzim pencernaan yang diproduksi pankreas tidak berjalan dan bekerja dengan semestinya.

Beberapa pasien pankreatitis juga akan mengalami penurunan berat badan secara drastis. Tidak bekerjanya enzim pencernaan membuat penyerapan gizi dan nutrisi di saluran cerna terhambat yang memuat berat badan menyusut.

"Kurangnya produksi enzim pencernaan membuat makanan tidak tercerna dengan baik. Sehingga pengidap pankreatitis rentan mengalami mual, muntah dan diare," tulis WebMD.

Pengidap pankreatitis akut juga rentan mengalami demam dan peningkatan denyut jantung. Jika kamu mengalami gejala-gejala ini usai minum minuman keras, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.



(mrs/wdw)
News Feed