Sabtu, 21 Apr 2018 19:10 WIB

5 Tips Jaga Suara Tetap Bugar Bagi Kamu Yang Hobi Nyanyi dan Karaoke

Lutfi - detikHealth
Tips menjaga suara tetap bugar. Foto: ilustrasi/thinkstock Tips menjaga suara tetap bugar. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Dalam aktivitas sehari-hari kita pasti menggunakan suara baik untuk sekedar berbicara, maupun berkaraoke dengan teman-teman. Suara yang serak dan tidak fit tentunya akan sangat mengganggu.

Norman Hogikyan dan rekan-rekannya dari University of Michigan Health System, mengatakan suara adalah duta yang menggambarkan kepribadian dan emosi manusia kepada orang lain.

"Orang-orang bisa membuat penilaian tentang diri Anda berdasarkan suara, jadi sangat penting ketika Anda berbicara atau bernyanyi untuk memikirkan bagaimana respons orang lain saat mendengarnya," ungkap Norman, dikutip dari Live Science.

Masalah dengan suara juga bisa berdampak besar pada hidup Anda. Karena itu, masalah suara tidak boleh disepelekan. Berikut tips mengatasi kebugaran suara bagi kamu yang hobi nyanyi dan suka karaoke:


1. Rutin minum air putih

Minum air putih sangatlah wajib untuk menjaga tubuh agar dapat terhidrasi dengan baik. Selain mampu melancarkan saluran pencernaan, air putih mampu menjaga kestabilan suara ketika bernyanyi.

2. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup dan mulailah berbicara dengan tidak mengeluarkan suara berlebihan agar suara tetap fit dan lentur ketika bernyanyi. Ketika sudah merasakan sakit tenggorokan istirahatkan suara dan jangan berbicara ketika Anda serak karena hanya akan memperparah kondisi pita suara.

3.Hindari rokok dan minuman beralkohol

Jika Anda terbiasa mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok ketika mencari inspirasi atau sekedar melepas stres, segeralah berhenti. Selain mengganggu kesehatan, merokok dapat meningkatkan risiko kanker tenggorokan secara luar biasa. Bahkan untuk perokok pasif pun, menghirup asap rokok dapat mengiritasi pita suara.

4.Menyanyilah dengan rileks dan tanpa beban

Usahakan gunakan teknik yang tepat ketika menggunakan nada tinggi. Posisikan suara Anda dengan kondisi leher yang rileks, tidak memaksakan suara atau teriak karena hal ini bisa membuat suara akan habis. Tentu membahayakan jika selama manggung penyanyi harus membawakan lebih dari 5 lagu dengan kontrol suara yang buruk.

Gunakan suara perut dan pergunakan energinya sambil meletakan suara di langit-langit tanpa membebani tenggorokan. Kepala harus tetap pada posisi yang nyaman dan tidak mendongak ke atas ketika nada tinggi dan menunduk ketika nada rendah.

5. Pemanasan dan latihan pernapasan

Pemanasan dan latihan pengaturan pernapasan yang baik. Memiliki suara bagus akan sia-sia ketika memaksakan bernyanyi dengan support pernapasan yang kurang, dan justru dapat menyebabkan cedera pada pita suara. Tidak hanya kerusakan suara saat bernyanyi, ketika berbicara pun akan terganggu karena kebiasaan yang buruk dalam mengatur pernafasan.

(mrs/mrs)
News Feed