Minggu, 22 Apr 2018 16:30 WIB

Manusia Tertua di Dunia Saat Ini, Nabi Tajima Meninggal

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Nabi Tajima saat penobatan dirinya sebagai manusia tertua di dunia. (Foto: The Asahi Simbun) Nabi Tajima saat penobatan dirinya sebagai manusia tertua di dunia. (Foto: The Asahi Simbun)
Jakarta - Pemegang titel orang tertua di dunia menghembuskan nafas terakhirnya di Jepang hari ini, Minggu (22/4) waktu setempat.

Wanita bernama Nabi Tajima itu meninggal di usia 117 tahun, di sebuah rumah sakit di kota Kikai, Prefektur Kagoshima yang terletak di selatan Jepang. Demikian seperti dilaporkan news.com.au.

Tajima sendiri meninggal karena usianya yang sudah sepuh dan memang dirawat di rumah sakit sejak bulan Januari silam.

Wanita ini meninggalkan tujuh anak laki-laki dan dua anak perempuan yang memberinya lebih dari 160 cucu dan cicit, termasuk 28 cucu, 56 cicit dan 35 canggah (anak cicit).

Tajima baru ditetapkan sebagai orang tertua di dunia pada bulan September tahun lalu. Ia menggeser posisi Violet Brown, wanita asal Jamaika yang juga meninggal di usia 117 tahun.


Meski Tajima tak pernah membicarakan tentang gaya hidupnya di hadapan publik, tidak menutup kemungkinan bahwa pola makan ala orang Jepang yang menyehatkan adalah kunci panjang umurnya.

Hingga detik ini, 117 tahun adalah usia tertua manusia yang pernah hidup di muka bumi. Sebelum Tajima dan Brown, Guinness World Records mencatat nama Emma Martina Luigia Morano dan Italia sebagai manusia tertua di dunia hingga kematiannya di usia 117 tahun. Padahal studi terbaru menyebut usia harapan hidup manusia dewasa ini maksimal hanya sampai 115 tahun.

Kini Gerontology Research Group yang berbasis di AS bersiap menetapkan Chiyo Miyako, wanita Jepang lainnya yang tinggal di prefektur Kanagawa, Tokyo sebagai pengganti Tahima. Wanita ini akan ditetapkan sebagai yang tertua di dunia karena akan berulang tahun ke-117 9-10 hari lagi.

Guinness juga telah menetapkan Masazo Nonaka yang tinggal di utara Jepang sebagai pria tertua di dunia, di usianya yang menginjak 112 tahun.


The Sun mencatat hanya ada 46 orang yang bisa hidup melampaui usia 110 tahun di dunia. Menariknya, tak ada satupun dari mereka yang memiliki rahasia panjang umur yang sama. Ada yang mengatakan hidup melajang hingga kebiasaan makan bacon setiap pagi. (lll/lll)
News Feed