Senin, 23 Apr 2018 09:06 WIB

Unik! Kampus Ini Jual Alat Tes HIV di Vending Machine

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Vending machine biasanya digunakan untuk menjual makanan dan minuman ringan. Namun di China, ada vending machine yang menjual alat tes HIV. Foto: ABC Australia Vending machine biasanya digunakan untuk menjual makanan dan minuman ringan. Namun di China, ada vending machine yang menjual alat tes HIV. Foto: ABC Australia
Jakarta - Vending machine biasanya digunakan untuk menjual makanan dan minuman ringan. Namun di China, ada vending machine yang menjual alat tes infeksi human immunodeficiency virus (HIV).

Tiga universitas di Shanghai, China, baru saja memasang vending machine yang menjual alat tes HIV bulan ini. Pemasangan vending machine alat tes HIV merupakan bagian dari kampanye deteksi dini dan pengobatan HIV-AIDS.


Zhongdan Chen dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) regional China mengatakan ada peningkatan temuan kasus baru HIV-AIDS pada kelompok umur 15 hingga 19 tahun di China. Peningkatan tiga kali lipat ditemukan antara tahun 2008 hingga tahun 2017.

"Ada dua alasan mengapa HIV-AIDS di China melonjak. Pertama, kurangnya edukasi kesehatan reproduksi di sekolah dan masyarakat. Kedua, lemahnya intervensi penanganan HIV-AIDS pada kelompok remaja dan dewasa muda secara nasional," ungkap Chen, dikutip dari ABC Australia.

Adanya vending machine penjual alat tes HIV ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya pemeriksaan HIV. Di sisi lain, penghilangan stigma terhadap HIV juga masih menjadi pekerjaan rumah penting.

Vending machine penjual alat tes HIV di ChinaVending machine penjual alat tes HIV di China Foto: ABC Australia


Meski begitu, Badan Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS di China menyebut penggunaan alat tes HIV dari vending machine harus dilakukan dengan bijak. Hal ini dikarenakan tes yang dilakukan bersifat dasar, dan rentan menghasilkan status positif-palsu.

"Jika hasil tesnya menyebut positif, tes lanjutan akan diberikan kepada para mahasiswa untuk hasil yang lebih akurat," demikian pernyataannya.

Program ini sudah dilakukan sejak tahun 2016. Selain Shanghai, vending machine penjual alat tes HIV baru tersedia di provinsi Beijing, Heilongjiang, Sichuan, Yunnan dan Guangxi.

(mrs/lll)
News Feed