Rabu, 25 Apr 2018 12:03 WIB

Infografis: Fakta Seputar Malaria di Indonesia

Widiya Wiyanti - detikHealth
Fakta seputar malaria. Foto: Infografis detikHealth Fakta seputar malaria. Foto: Infografis detikHealth
Jakarta - Malaria ternyata masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia. Penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles sp betina yang mengandung parasit malaria ini masih banyak terdapat di beberapa wilayah Indonesia.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI, hingga akhir 2017 terdapat 261.671 kasus malaria di Indonesia yang 100 di antaranya meninggal dunia.

Masih ada sekitar 28 persen penduduk Indonesia yang tinggal di wilayah endemis malaria, baik rendah, sedang, maupun tinggi.

"72 persen penduduk Indonesia tinggal di tempat yang bebas malaria. Masih ada 10,7 persen masyarakat yang tinggal di daerah endemik menengah dan tinggi yang harus kita bantu, seperti di Papua, Papua barat, dan NTT," ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan RI, dr Elizabeth Jane Soepardi, MPH, Dsc.


Di tahun ini, Kemenkes menargetkan 285 kabupaten/kota yang mengalami eliminasi. Dan pada tahun 2030 ditargetkan seluruh Indonesia mencapai eliminasi secara keseluruhan.

Untuk lebih jelas melihat kondisi terkini penyakit malaria di Indonesia, simak infografis berikut ini:

(wdw/up)
News Feed