Rabu, 25 Apr 2018 13:42 WIB

5 Makanan yang Buat Kulit Lebih Sehat

Widiya Wiyanti - detikHealth
Makanan untuk kulit sehat. Foto: ilustrasi/thinkstock Makanan untuk kulit sehat. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Kamu pasti pernah berjerawat atau mengalami masalah kulit lainnya, seperti kulit kering atau berminyak. Tidak dipungkiri bahwa makanan juga berpengaruh lho.

Mengonsumsi makanan sehat bukan hany dapat menyehatkan tubuh namun juga kulitmu. Dikutip dari beberapa sumber, lima makanan ini dipercaya membuat kulitmu menjadi lebih sehat.

1. Ikan salmon

Bukan hanya tinggi protein, ikan salmon juga mengandung lemak sehat. Salmon adalah salah satu sumber asam lemak omega-3 terbaik yang memiliki sifat anti inflamasi yang kuat. Asam lemak esensial juga membantu mempertahankan penghalang lemak di kulit, nah ini yang menghalangi munculnya jerawat.


2. Gandum

Kata siapa orang yang makan gandum hanya untuk diet? Bukan hanya dapat menurunkan dan mempertahankan berat badan, gandum juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Gandum yang penuh serat dapat membuat kadar gula darah tetap stabil untuk mencegah munculnya jerawat.

3. Teh rooibos

Mungkin kamu sering minum teh hijau atau teh biasa yang sama-sama mempunyai manfaat bagi kesehatan. Tapi teh rooibos dari Afrika Selatan ini memiliki manfaat untuk membuat kulit awet muda karena mengandung antioksidan tinggi. Teh rooibos juga mengandung alpha hydroxy dan zat seng yang berkontribusi pada kesehatan kulit yang bercahaya. Memakai teh rooibos menjadi masker wajah telah terbukti dapat menghilangkan jerawat.

4. Buncis

Buncis yang sering kita jumpai di berbagai menu makanan ternyata dapat bermanfaat untuk mencegah munculnya jerawat karena mengandung zat seng yang cukup tinggi. Zat seng juga berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh.

5. Bayam dan kale

Sayuran hijau seperti bayam dan kale adalah makanan yang dapat membantu kulit menjadi lebih sehat. Sayuran seperti ini mengandung vitamin A yang tinggi dan bagus untuk mencerahkan kulit. Vitamin A yang bekerja dengan seng bermanfaat untuk menutrisi kekebalan tubuh, regenerasi sel, dan menjaga kulit tetap halus dan sehat. Beta karoten di sayuran ini juga dapat membuat kulit lebih bersinar dan bersih.

(wdw/up)
News Feed