Sabtu, 05 Mei 2018 08:03 WIB

Lima Hari Tulang Ayam Tersangkut di Paru-paru, Kok Bisa?

Firdaus Anwar - detikHealth
Seorang pria lansia dari Australia dilarikan ke rumah sakit dengan keluhan napas yang pendek dan demam. Sebelumnya ia pernah tersedak saat makan ayam. Foto: The New England Journal of Medicine Seorang pria lansia dari Australia dilarikan ke rumah sakit dengan keluhan napas yang pendek dan demam. Sebelumnya ia pernah tersedak saat makan ayam. Foto: The New England Journal of Medicine
Jakarta - Laporan terbaru dalam The New England Journal of Medicine menceritakan ketika seorang pria berusia 78 tahun dari Australia dilarikan ke rumah sakit. Kepada dokter ia mengaku tersedak saat sedang makan ayam.

Pemeriksaan rontgen pada leher dan dada saat itu tidak menunjukkan hal yang aneh sehingga dokter berasumsi apapun yang tersangkut sudah bebas. Namun lima hari kemudian sang pria kembali dengan keluhan demam, napas pendek, dan mengeluarkan suara tinggi ketika menghirup udara.



Pemeriksaan kedua menggunakan CT scan baru melihat adanya tulang ayam yang tersangkut di saluran udara paru-paru kanan. Hal tersebut membuat paru-parunya jadi tidak bisa berkembang sempurna setiap tarikan napas.

Mengapa benda seperti tulang ayam bisa tidak terdeteksi di saluran napas? Dr Robert Glatter dari Lenox Hill Hospital berkomentar kemungkinan karena pasien tidak menunjukkan gejala sebelumnya.

Hal ini terjadi karena benda kecil saat pertama kali tertelan bisa tidak langsung menimbulkan sumbatan. Selain itu menurut laporan studi tahun 2013 sebanyak 80 persen benda asing dalam kasus tersedak tidak bisa dilihat hanya dari rontgen saja.

"Masalahnya adalah terlalu banyak pasien menunjukkan gejala seperti ini dan mereka bisa membebaskan sumbatannya sendiri, baik-baik saja," kata Dr Robert seperti dikutip dari Live Science, Jumat (5/5/2018).

Pada kasus sang lansia pada akhirnya tulang ayam diangkat dari paru-parunya dengan prosedur bronkoskopi. Selang fleksibel dengan kamera dan pencapit di ujungnya dimasukkan ke dalam paru-paru untuk mengangkat sumbatan.

(fds/up)
News Feed