Sabtu, 12 Mei 2018 11:00 WIB

Nggak Cocok dengan Pekerjaan, Alasan Karyawan Bolos Pakai Surat Sakit

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Nggak Cocok dengan Pekerjaan, Alasan Karyawan Bolos Pakai Surat Sakit. Foto: admn Nggak Cocok dengan Pekerjaan, Alasan Karyawan Bolos Pakai Surat Sakit. Foto: admn
Jakarta - Merasa kurang cocok dengan pekerjaan yang saat ini dijalani, memang sangatlah berat. Terlebih jika ada hari kejepit yang biasanya menjadi alasan untuk berbohong tidak berangkat kerja.

Veronica Adesla, psikolog dari Personal Growth mengatakan, berbohong bukanlah solusi untuk mengatasi pekerjaan yang dirasa tidak cocok. Apalagi sampai harus memalsukan surat sakit ke dokter demi tidak masuk di hari kejepit.


Di hari kejepit, tak sedikit yang mendadak sakit. Dari sisi medis, adakah indikator yang bisa membedakan mana yang sakit sungguhan dan mana yang bohongan?

"Solusi untuk pekerjaan yang dirasa tidak cocok adalah bicarakan atau diskusikan kendala yang dihadapi dan solusinya, bersama dengan atasan ataupun pihak HR, dan kemudian buatlah keputusan," ungkap Veronica.

Ia mengatakan tidak semangat bekerja muncul karena merasa tidak cocok dengan pekerjaan bisa terjadi pada siapa saja. Namun, sesungguhnya ini hanyalah alasan untuk membenarkan sikap dan perilaku berbohong yang dilakukannya.

Tetapi menurut Veronica, belum terlambat bagi karyawan untuk mengubah perilakunya. Salah satu solusinya adalah dengan membangun relasi atau bergaul dengan orang-orang yang memiliki sikap bertanggung jawab dan etos kerja baik.

Selain itu benahi manajemen diri dan fokus untuk menemukan solusi atas sumber persoalan yang menggangu pikiran. Terbukalah untuk bercerita dan berdiskusi dengan orang yang kompeten dan berwenang, misalnya atasan atau pihak HR.

"Terakhir untuk perusahaan buatlah program pendampingan karyawan yaitu layanan untuk mendampingi karyawan dengan masalah yang dilakukan oleh psikolog professional bersama tim," tandasnya.

Program ini dibuat dengan tujuan untuk membantu karyawan mengatasi masalah yang dihadapi. Dengan begitu, karyawan dapat meningkatkan performanya dalam bekerja.

(lll/up)
News Feed