Selasa, 15 Mei 2018 19:38 WIB

Olahraga Ini Praktis, Tapi Terbukti Bagus untuk Jantung

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Tidak perlu latihan yang berat, latihan ringan ini bisa menjadi alternatif pilihan untuk jantung tetap sehat. Yuk simak latihan ringan menurut dokter jantung. Foto: Thinkstock Tidak perlu latihan yang berat, latihan ringan ini bisa menjadi alternatif pilihan untuk jantung tetap sehat. Yuk simak latihan ringan menurut dokter jantung. Foto: Thinkstock
Jakarta - Jantung termasuk salah satu organ yang perlu dilatih, karena latihan yang baik dan benar dapat membantu kinerja jantung yang optimal. Salah satunya bisa dengan olahraga ringan yang bisa dilakukan sehari-hari.

Ahli jantung dari RS Jantung Harapan Kita, dr Isman Firdaus, SpJP menerangkan bahwa olahraga ringan seperti jalan cepat baik untuk melancarkan aliran darah. Terlebih jika olahraga tersebut dilakukan tidak berhenti selama 30 menit, dengan kecepatan 4 hingga 6 km/jam.

"Olahraga aerobik seperti jalan cepat (jogging) secara rutin oleh orang sehat dapat menurunkan angka kejadian penyakit kardiovaskular dan menekan faktor-faktor risiko kardiovaskular lainnya," ujarnya kepada detikHealth.

Selain baik bagi kesehatan jantung, olahraga tersebut juga mengendalikan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, dan bahkan bisa menurunkan berat badan.



Berjalan kaki dengan cepat juga memiliki durasi waktu yang cukup singkat yaitu 30 menit saja perhari, sehingga cukup praktis bagi mereka yang sibuk. Akan tetapi perlu dilakukan minimal 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

Selain itu, jika tidak memiliki waktu luang yang cukup bagi pekerja kantoran bisa melakukan jalan santai di sekitar ruang kerjanya.

"Bisa menggunakan tangga untuk naik ke lantai 2 atau 3, tidak menggunakan lift. Bisa juga melakukan aktivitas sepeda statis di tempat kerja dengan menggerakan kaki seperti mengayuh," tutup Isman.

(up/up)
News Feed