Rabu, 16 Mei 2018 13:52 WIB

Seberapa Penting Manfaat Susu untuk Orang Dewasa?

Tia Reisha - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Anjuran minum susu dengan rutin biasanya hanya ditujukan kepada anak-anak. Padahal orang dewasa juga membutuhkan asupan susu untuk menjaga kesehatan tulang serta mengurangi risiko penyakit osteoporosis.

Faktanya, osteoporosis atau pengeroposan tulang merupakan salah satu penyakit yang kerap dialami oleh orang lanjut usia. Penelitian dari jurnal Archives of Osteoporosis mengungkapkan salah satu faktor seseorang terkena osteoporosis adalah kurangnya asupan kalsium.



Agar terhindar dari penyakit osteoporosis, orang dewasa dianjurkan rutin minum susu. Sebab, kandungan kalsium yang tinggi pada susu memiliki peran penting dalam menjaga kepadatan tulang.

Perlu diketahui, tubuh menggunakan dan kehilangan kalsium setiap hari. Jika lebih banyak kalsium yang hilang daripada yang diganti, maka akan terjadi pengeroposan pada tulang. Susu juga mengandung fosfor, nutrisi yang diperlukan untuk bekerja dengan kalsium.

Dilansir dari Medical News Today, susu sangat baik untuk tulang karena merupakan sumber kalsium dan kaya mineral. Susu juga diperkaya dengan vitamin D yang mampu mencegah osteoporosis.

Manfaat lainnya dari susu untuk orang dewasa adalah bisa melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Keberadaan radikal bebas merupakan salah satu penyebab penuaan dini pada orang dewasa.



Waspadai radikal bebas yang jumlahnya berlebih karena bisa mengganggu produksi hormon. Hal ini bisa menurunkan daya ingat dan penglihatan, sering merasa lelah dan nyeri sendi, hingga menyebabkan osteoporosis.

Namun kini sudah banyak hadir susu yang mengandung antioksidan sehingga bisa melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas. Salah satunya adalah Entrasol yang tinggi kalsium dan vitamin D, rendah lemak, serta berfungsi sebagai antioksidan. (mul/ega)
News Feed