Rabu, 16 Mei 2018 17:17 WIB

Wajahnya Meleleh, Kakek Ini Tetap Semangat Menjalani Hidup

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Subhash Chand (54) mengidap neurofibromatosis yang membuat wajahnya seakan meleleh. Meski begitu, Chand masih semangat menjalani hidup.Foto: Daily Mail Subhash Chand (54) mengidap neurofibromatosis yang membuat wajahnya seakan meleleh. Meski begitu, Chand masih semangat menjalani hidup.Foto: Daily Mail
Jakarta - Subhash Chand (54) dari Uttar Pradesh, India, mengidap neurofibromatosis yang membuat wajahnya seakan meleleh. Meski begitu, Chand masih semangat menjalani hidup.

"Aku tak pernah mendengarkan omongan jelek orang kepadaku. Aku memiliki tumor ini sejak muda, dan aku sudah terbiasa hidup dengannya," ujar Chand, dikutip dari Daily Mail.



Chand mengalami gejala neurofibromatosis di usia 20 tahun. Neurofibromatosis membuatnya tidak bisa melihat dengan baik, sulit makan, dan mengalami gangguan bicara.

Dokter menyarankan Chand untuk menutupi tumornya dengan kain. Namun sentuhan pakaian pada tumor di wajahnya terasa sangat nyeri, sehingga Chand pun tidak melanjutkan saran sang dokter.
Chand dan keluarganyaChand dan keluarganya Foto: Daily Mail

Akibatnya, ia sering menjadi perhatian orang-orang sekitar. Tak jarang pula ada orangya memngambil foto dirinya saat Chand sedang berjalan-jalan.

Neurofibromatosis adalah penyakit yang memilikis sifat genetik. Uniknya dua orang saudara kandung Chand tidak mengalami penyakit yang sama. Ibu mereka mengalami neurofibromatosis tapi tidak separah Chand.

"Cucu-cucuku sangat menyayangiku dan mereka tidak takut dengan tumor ini. Aku diterima di keluargaku dengan baik, dan aku merasa bahagia," tutupnya.

(mrs/up)
News Feed