Kamis, 17 Mei 2018 13:30 WIB

Cek Tensi Ternyata Enggak Asal, Begini Persiapannya

Annisya Heriyanti - detikHealth
Cek tensi butuh persiapan. Foto: Thinkstock Cek tensi butuh persiapan. Foto: Thinkstock
Topik Hangat Hari Hipertensi 2018
Jakarta - Tekanan darah merupakan elemen penting tubuh yang harus dicek secara rutin. Apalagi pada orang-orang dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Menurut dr Tunggul Situmorang, SpPD-KGH dari Siloam Hospitals, untuk menentukan seseorang mengalami hipertensi atau tidak sebenarnya tidaklah mudah.

"Mengukur tekanan darah itu harus dengan persiapan," ujarnya.


dr Tunggul mengatakan bahwa sebelum dilakukan pengukuran tekanan darah, seseorang harus beristirahat minimal lima menit sebelumnya. Serta tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat memicu tekanan darah tidak dalam batas normal.

"Sebenernya untuk mengukur tekanan darah standarnya harus istirahat dulu 5 menit dan sebelumnya tidak minum kopi, tidak merokok. Sebenarnya tidak mudah menetapkan seseorang hipertensi," jelas dr Tunggul.

Cek tekanan darah pun bisa di berbagai tempat, ada yang di tangan dan di kaki. Namun ternyata perbedaan tempat itu pun dapat memengaruhi perbedaan hasil tekanan darah.

"cek tensi di kaki biasanya lebih tinggi ya, posisi duduk dan berdiri juga beda, tangan kanan kiri juga beda. Tapi perbedaannya itu tidak banyak, kalau lebih dari 10 dalam waktu yang sama maka itu harus dicari penyebab lain," tutupnya.



(wdw/fds)
Topik Hangat Hari Hipertensi 2018
News Feed