Minggu, 20 Mei 2018 11:05 WIB

Lansia Mau Puasa, Aman Enggak Sih?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Apakah ada orang tua atau kakek nenek kita yang sudah memasuki usia senja namun masih semangat menjalankan ibadah puasa? Aman nggak ya mereka berpuasa? Foto: thinkstock Apakah ada orang tua atau kakek nenek kita yang sudah memasuki usia senja namun masih semangat menjalankan ibadah puasa? Aman nggak ya mereka berpuasa? Foto: thinkstock
Jakarta - Apakah ada orang tua atau kakek nenek kita yang sudah memasuki usia senja namun masih semangat menjalankan ibadah puasa? Pasti muncul pertanyaan 'amankah orang dengan usia lanjut berpuasa?'.

Pertanyaan itu dijawab oleh ahli gerontologi, Prof Dr dr Siti Setiati, SpPD-KGER, MEpid. Ia mengatakan bahwa lansia boleh berpuasa asalkan tidak memiliki penyakit akut.

"Kalau punya sakit akut sebaiknya tidak (puasa). Kalau punya penyakit kronik tapi terkontrol silakan berpuasa," ujarnya.

Namun Prof Siti menegaskan bahwa setiap lansia yang ingin berpuasa harus mengetahui batasan tubuhnya sendiri. Ketika merasa tidak cukup sehat untuk berpuasa tidak memaksakan diri.



Dokter yang juga dari Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI) ini menyebutkan bahwa kebutuhan air pada lansia saat berpuasa harus tercukupi agar tidak menimbulkan dehidrasi.

"Minumnya harus cukup. Minum itu penting sekali. 1,5 liter dari buka sampai sahur," tegasnya.

Berdasarkan penelitiannya yang dilakukan pada tahun 2013, lansia yang benar-benar sehat tanpa penyakit kronik dan bisa mandiri hanya sekitar 13,2 persen.

Sedangkan yang memiliki penyakit namun masih bisa mandiri atau disebut prarenta sekitar 61,6 persen. Sisanya 25 persen memiliki penyakit dan sudah tidak bisa mandiri atau disebut renta.

(wdw/fds)
News Feed