Senin, 21 Mei 2018 06:05 WIB

Bikin Donald Trump Kebingungan, Ini Beda HIV dan HPV

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Pastikan kamu tahu bedanya HIV dan HPV biar tidak kebingungan seperti Donald Trump (Foto: thinkstock) Pastikan kamu tahu bedanya HIV dan HPV biar tidak kebingungan seperti Donald Trump (Foto: thinkstock)
Jakarta - Dalam satu kesempatan, pendiri Microsoft Bill Gates mengungkap kebingungan Presiden Amerika Serikat Donald Trump soal perbedaan HIV dan HPV. Walau sama-sama bisa ditularkan secara seksual, kedua jenis virus ini sama sekali berbeda.

HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan virus yang melemahkan daya tahan tubuh dan bisa menyebabkan sindrom mematikan AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome). Sedangkan HPV (Human Pappiloma Virus) lebih dikenal sebagai kelompok virus penyebab kutil dan beberapa jenis kanker.



Perbedaan lain yang kamu perlu tahu antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari LA Times:

1. Cara penularan
HIV: Terjadi melalui kontak cairan tubuh, mulai dari darah hingga sperma. Transmisi atau penularan secara seksual sangat dimungkinkan, demikian pula melalui penggunaan jarum suntik yang menularkan darah yang terinfeksi.

HPV: Terjadi melalui kontak kulit ke kulit, antara lain saat berhubungan seksual baik anak, oral, maupun vaginal.

2. Risiko kanker
HIV: Bukan penyebab, tetapi dikaitkan dengan peningkatan risiko pada beberapa jenis kanker, antara lain Kaposi Sarcoma, limfoma non-Hodgkin sel B agresif, dan bahkan kanker serviks.

HPV: Beberapa tipe HPV terbukti menyebabkan kanker serviks dan bahkan kanker mulut.



3. Obat
HIV: Belum ada obat yang terbukti efektif mengatasi infeksi HIV. Namun pengobatan ARV (Anti Retro Viral) secara teratur bisa membuat pengidap HIV hidup normal.

HPV: Sama, belum ada obat yang benar-benar bisa mengobati infeksi HPV. Namun berbagai kondisi yang disebabkan oleh infeksi HPV pada umumnya bisa diobati.

4. Vaksin
HIV: Hingga saat ini belum ada vaksin yang terbukti efektif untuk mencegah infeksi HIV.

HPV: Untuk tipe HPV yang menyebabkan kanker serviks, vaksin pencegah sudah banyak tersedia di pasaran.


Ternyata tes HIV itu mudah lho! Simak selengkapnya lewat video berikut:



(up/up)
News Feed