Senin, 21 Mei 2018 07:39 WIB

Mengonsumsi Air Nabeez, Tren Sehat Saat Ramadan

Annisya Heriyanti - detikHealth
Air nabeez atau air rendaman kurma ternyata sudah banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Mereka merasakan banyak manfaat dari meminumnya secara rutin.Foto: ilustrasi/thinkstock Air nabeez atau air rendaman kurma ternyata sudah banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Mereka merasakan banyak manfaat dari meminumnya secara rutin.Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Ada yang pernah mendengar air nabeez? Yaitu air rendaman kurma yang merupakan kegemaran Nabi. Ternyata banyak yang juga masyarakat Indonesia yang menyukainya dan mengonsumsi secara rutin.

Seperti Triya Ariyanti yang mengaku mengonsumsi air nabeez sejak awal bulan Ramadan ini. Beberapa manfaat sudah ia rasakan, antara lain badan menjadi lebih fit meski sedang berpuasa.

"Manfaat yang saya rasakan badan saya tetap segar saat beraktivitas walaupun dalam keadaan sedang puasa", ujarnya kepada detikHealth Sabtu (19/5/2018).



Ada juga Julie yang sama-sama menggemari air nabeez. Air nabeez sudah menjadi menu minumannya sehari-hari sejak bulan Ramadhan tahun lalu. Ia mengungkapkan manfaat air nabeez jika dikonsumsi pada bulan puasa.

"Yaa kalau habis minum air nabeez, badan lebih berenergi dan lebih kenyang", ujar pemilik akun Instagram @julieromzi itu.

Air nabeez biasanya dibuat dengan merendam 3-7 butir kurma, ganjil sesuai sunah nabi, dalam segelas air putih. Air rendaman ini bisa diminum 10-12 jam kemudian. Soal manfaat, ada berbagai pandangan. Praktisi kesehatan dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH menyebut manfaatnya seperti infused water pada umumnya.

"Tetapi tetap lebih baik makan buah langsung. Jika rendaman, hanya airnya ada rasa kurma," kata dr Ari.

(mrs/up)
News Feed