Senin, 21 Mei 2018 19:47 WIB

Masih tentang Air Nabeez, Rendaman Kurma yang Berkhasiat

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Ada yang mau coba minum air nabeez? Foto: ilustrasi/thinkstock Ada yang mau coba minum air nabeez? Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Berbagai pandangan yang dipaparkan tentang air nabeez, dari segi khasiat maupun hal yang dirasa langsung oleh konsumennya. Lalu, sebenarnya apa yang terkandung dalam air rendaman kurma ini? Manfaatnya apa saja?

Dokter gizi dari RS Cipto Mangunkusumo, Dr dr Saptawati Bardosono, MSc, SpGK, menjelaskan bahwa air nabeez mungkin memberikan khasiat seperti yang diyakini banyak orang. Meski belum mencoba sendiri air nabeez, ia percaya air nabeez juga memiliki manfaat seperti yang terkandung dalam buah kurma.

"Air nabeez belum saya coba namun tentu akan memberi manfaat seperti buah kurma, yaitu selain memberi energi juga mengandung banyak antioksidan bagi kesehatan dan daya tahan tubuh," tutur dr Tati, demikian sapaan akrabnya.



Andi (23) salah seorang pedagang kurma di Tanah Abang Jakarta Pusat, mengaku sering mengonsumsi air nabeez. Ia mengonsumsi air nabeez pada saat musim puasa seperti saat ini.

"Ya biasanya minum pas musim puasa, khasiat yang dirasa ya badan terasa segar dan meredakan panas dalam," ujarnya.

Praktisi kesehatan dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, mengatakan bahwa air rendaman kurma sama seperti air infused buah lainnya. Dari segi kandungan, memang lebih baik dari air mineral biasa.

"Tetapi tetap lebih baik makan buah langsung. Jika rendaman, hanya airnya ada rasa kurma," tutur dr Ari yang juga seorang konsultan kesehatan pencernaan.

(up/up)
News Feed