Selasa, 22 Mei 2018 03:35 WIB

Banyak Minum Manis Saat Sahur? Risikonya Jadi Mudah Lapar

Firdaus Anwar - detikHealth
Es teh manis mungkin cocok untuk berbuka puasa, tapi sebaiknya tidak diminum saat sahur. (Foto: iStock) Es teh manis mungkin cocok untuk berbuka puasa, tapi sebaiknya tidak diminum saat sahur. (Foto: iStock)
Jakarta - Di bulan puasa beragam hidangan yang tersedia dapat membuat seseorang jadi mudah lupa diri saat berbuka dan sahur. Terkait hal tersebut meski minuman atau makanan manis dianjurkan untuk berbuka, tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur.

Ketua Departemen Ilmu Gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr Fiastuti Witjaksono menjelaskan alasannya karena hidangan manis dapat membuat gula darah cepat naik tapi juga cepat turun.



Makanan manis akan membuat tubuh melepaskan insulin dengan cepat sehingga memicu rasa cepat lapar. Fungsi insulin adalah memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi.

"Jangan minum manis. Berisiko jadi lapar dan hipoglikemia, kadar gula cepat turun," kata dr Fiastuti dalam temu media di Beranda Kitchen, Jakarta, Senin (21/5/2018).

Dr dr Murdani Abdullah, SpPD-KGEH dari Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSCM juga pernah mengatakan hal serupa. Menurut dr Murdani terlalu banyak mengonsumsi minuman manis saat sahur juga berisiko untuk memicu banyak buang air kecil dan mengganggu keseimbangan cairan tubuh.

"Pada saat sahur kita butuh makanan yang berimbang dan bernutrisi yang dibutuhkan seperti karbohidrat, protein, lemak, dan lan-lain," ujarnya.

(fds/up)
News Feed