Selasa, 22 Mei 2018 10:48 WIB

Viral Ibu-ibu Kepalanya Masuk Magic Jar, Dokter Ortopedi Angkat Bicara

Annisya Heriyanti - detikHealth
Cuplikan iklan ini jadi lelucon yang sangat viral belakangan ini. Cuplikan iklan ini jadi lelucon yang sangat viral belakangan ini.
Jakarta - Dalam sebuah tayangan iklan yang sangat viral belakangan ini, ada adegan kocak ketika seorang ibu kepalanya muncul dari dalam magic jar. Adegan ini jadi lelucon paling kekinian di berbagai platform media sosial.

Mustahil memang, magic jar atau alat pemanas nasi sekecil itu bisa dimasuki manusia. Namun terkait dengan posisi yang tidak wajar seperti ditampilkan dalam iklan tersebut, dr Iman Widya Aminata, Sp.OT dari RS Pondok Indah mengingatkan risiko cedera pada leher dan tulang belakang.

"Kalau dia sering-sering masuk magic jar, atau posisinya salah, itu nanti jadinya chronic problem. Energinya rendah, tapi karena berulang-ulang, repetitif, itu bisa menyebabkan cedera," kata dokter ortopedi yang akrab disapa dr Imam ini kepada detikHealth.

Dijelaskan oleh dr Iman, ada dua jenis cedera yakni cedera akut dan kronis. Yang membedakan dengan cedera kronis seperti yang dihadapi ibu-ibu kasidah dalam tayangan iklan tersebut, cedera akut terjadi karena trauma dengan energi yang besar.



Cedera kronis, menurut dr Iman bisa terjadi di area leher dan bahu. Salah posisi atau terlalu sering mengetik, disebutnya sering menjadi pemicu. Dampaknya antara lain adalah spasm atau kekakuan otot.

"Kalau spasm terjadi di leher, efeknya sakit kepala. Tension type headache. Terapinya dengan dipijat atau relaksasi," jelas dr Iman.

(up/up)
News Feed