Selasa, 22 Mei 2018 13:39 WIB

Melanoma Bukan Hanya di Kulit, Bisa Juga Menyerang Mata

Widiya Wiyanti - detikHealth
Mata juga bisa terserang melanoma. Foto: thinkstock Mata juga bisa terserang melanoma. Foto: thinkstock
Topik Hangat Kanker Kulit Melanoma
Jakarta - Sabtu lalu (19/5/2018), menantu Hatta Rajasa yang juga istri Rasyid Rajasa, yaitu Adara Taista meninggal karena mengidap kanker kulit melanoma sejak awal tahun 2017.

Melanoma merupakan jenis kanker kulit yang menyerang sel melanosit. Sel tersebut memproduksi melanin, yakni zat yang memberi warna pada kulit. Sel melanosit juga terdapat pada mata yang memberikan warna pada iris mata. Nah, sel ini juga bisa terserang melanoma yang disebut melanoma okuler.

Kanker jenis ini bisa bermutasi menjadi tumor yang biasanya menempati iris (daerah berwarna di sekitar pupil) atau di bagian lain dari lapisan tengah mata, yang dikenal sebagai uvea atau saluran uveal.

Dikutip dari Health, meskipun melanoma okuler adalah jenis kanker mata yang paling umum, namun tingkat kejadinnya cukup rendah sekitar 5-6 orang per juta.


Berbeda dengan melanoma di kulit, paparan sinar matahari belum terbukti menyebabkan melanoma okuler. Belum diketahui secara pasti apa penyebabnya.

Namun ada beberapa hal yang diketahui dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena melanoma okuler. Kebanyakan kanker jenis ini ras Kaukasia dengan orang berambut pirang atau merah dan mata berwarna terang

"Ini (melanoma okuler) lebih jarang pada orang keturunan Afrika-Amerika, Asia, atau Hispanik," kata profesor oftalmologi di University of Michigan Kellogg Eye Center, dr Hakan Demirci, MD.

Menurut dr Demirci, pada penyakit ini genetik sangat memainkan peran penting.

"Jika Anda membawa gen tertentu yang membuat Anda cenderung untuk mengembangkan kanker, Anda mungkin lebih mungkin untuk mendapatkan kanker ini dan mendapatkannya pada usia lebih dini," tutupnya.



(wdw/up)
Topik Hangat Kanker Kulit Melanoma
News Feed