Selasa, 22 Mei 2018 14:58 WIB

Gampang Ngantuk Saat Puasa? Ini yang Sebenarnya Terjadi

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Siang hingga sore hari adalah waktu rawan ngantuk saat puasa (Foto: thinkstock) Siang hingga sore hari adalah waktu rawan ngantuk saat puasa (Foto: thinkstock)
Jakarta - Badan sering terasa lemas dan terkadang sering mengantuk saat puasa. Akibatnya, aktivitas yang dikerjakan menjadi tidak optimal.

Dokter tidur dari RS Medistra, dr Rimawati Tedjasukmana, SpS memaparkan bahwa mengantuk bisa diakibatkan antara lain karena kurangnya tidur selama bulan puasa.

"Kurang tidur. Bangun untuk sahur, sehingga durasi tidur kurang," ungkap dr Rima dalam perbincangan dengan detikHealth.



Penyebab lain, menurut dr Rima adalah hipoglikemi atau turunnya kadar gula darah sehingga terasa mengantuk dan lelah. Itu sebabnya terkadang sering mengantuk pada siang hari atau sebelum berbuka, ketika cadangan gula darah mulai menipis.

Selain itu menurut dr Rima, ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu rasa kantuk yaitu karbohidrat dan makanan yang manis-manis. Gula sederhana terlalu cepat diserap oleh tubuh sehingga memicu lonjakan kadar gula darah.

"Lonjakan yang cepat dari makanan karbohidrat sederhana, terutama berlebih atau tanpa makanan lain, dapat menyebabkan gula darah menurun kembali, yang menyebabkan perasaan terhuyung," jelas dr Rima.

Saat puasa, ngantuk juga ada siklusnya lho! Simak selengkapnya di video ini:

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)
News Feed