Selasa, 22 Mei 2018 15:32 WIB

Sama-sama Kanker Kulit, Ini Bedanya Karsinoma dengan Melanoma

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Topik Hangat Kanker Kulit Melanoma
Jakarta - Kanker kulit sejatinya dipahami oleh kebanyakan orang merupakan kanker yang terlihat dan terdapat di kulit, sehingga banyak yang tak bisa membedakan jenis-jenisnya. Kanker kulit terbagi menjadi dua, yaitu melanoma dan non-melanoma.

"Melanoma adalah kanker kulit paling ganas, yang menyerang melanosit yang memberi warna pada kulit kita. Paling banyak melanoma disebabkan oleh sinar matahari, sisanya karena riwayat genetik atau trauma misalnya di kaki," tutur dr Putu Laksmi Angari Duarsa, SpKK dari RS Surya Husada Denpasar, Bali, kepada detikHealth, Selasa (22/5/2018).

Menurut dr Laksmi, sapaannya, melanoma dapat kita deteksi dengan cara termudah misal melihat ada tidaknya tahi lalat yang tidak normal di tubuh kita. Caranya dengan metode ABCD: asimetris, border, colour, dan diameter.


Pada Sabtu (19/5/2018) lalu, Adara Taista, menantu Hatta Rajasa dikabarkan meninggal akibat melanoma yang telah lama ia derita sejak 2017. Ia disebut telah menjalani pengobatan di berbagai negara sebelum akhirnya menghembuskan napas terakhirnya di Jepang.

Kemudian, kanker kulit non-melanoma ada dua tipe yaitu basal cell carcinoma dan squamous cell carcinoma. Squamous Cell Carcinoma atau SCC adalah kanker kulit yang tumbuh di sel squamous, umumnya di daerah yang jarang terkena sinar matahari seperti anus, mulut dan alat kelamin.

Menurut situs WebMD, SCC pertumbuhannya cukup lamban, namun penyebarannya jika tak segera ditangani akan menjadi sangat susah diobati. Gejalanya berbeda dari melanoma, yaitu adanya bintil merah keras di kulit, kulit bersisik, bengkak berdarah yang tak dapat sembuh.


Sedangkan basal cell carcinoma (BCC) merupakan jenis kanker kulit yang tidak berisiko tinggi. Perbedaannya, ia tidak menyebar ke bagian tubuh lain, namun justru bisa berpindah ke dekat tulang ataupun jaringan lain di bawah kulit.

BCC biasanya ditunjukkan dengan bintil berwarna kulit di bagian wajah, yang kadang keliru dengan jerawat. Membedakannya dengan jerawat adalah pinggirannya yang biasa berbentuk seperti kulit tergulung, di mana jerawat justru tak memiliki pinggiran.

Kemudian BCC dapat ditandai juga dengan munculnya warna kulit yang berbeda layaknya tompel atau tanda lahir, namun berwarna kemerahan, cokelat, atau hitam kebiruan. Tanda ini biasanya ada di bagian dada atau punggung.

Aktor pemeran Wolverine, Hugh Jackman dilaporkan mengidap kanker kulit jenis ini dan menjalani operasi hingga enam kalinya sejak tahun 2013. Operasi terakhir ia jalani pada Februari 2017 lalu.

"Karsinoma merupakan tumor yang tumbuh dari sel di lapisan permukaan membran pembatas dari suatu organ. Tumor adalah semua benjolan.. ada yang ganas ada yang tidak, dan melanoma adalah kanker yang ada di kulit," tutup dr Laksmi.





Tonton juga video mengenai 'Begini Cara Denmark Minta Bantuan Hindari Kanker Kulit':


(frp/up)
Topik Hangat Kanker Kulit Melanoma
News Feed