Selasa, 22 Mei 2018 21:10 WIB

Dokter Ungkap Rahasia Gerakan Dansa Michael Jackson

Firdaus Anwar - detikHealth
Sebelah kiri adalah gerakan condong ke depan yang normal, kanan adalah gerakan Michael Jackson. (Foto: BBC) Sebelah kiri adalah gerakan condong ke depan yang normal, kanan adalah gerakan Michael Jackson. (Foto: BBC)
Jakarta - Michael Jackson begitu populer pada masanya sampai dijuluki sebagai raja musik pop oleh orang-orang. Salah satu hal dari Michael yang membuatnya terkenal adalah gaya dansa yang unik dan dinilai mustahil untuk dilakukan.

Sebagai contoh dalam video musik lagu berjudul 'Smooth Criminal' tubuh Michael bisa condong ke depan membentuk sudut 45 derajat hanya dengan bertumpu pada pergelakangan kaki. Banyak orang kesulitan saat memeragakan ulang gerakan ini.

Terkait hal tersebut para ahli tulang belakang dalam jurnal Neurosurgery berusaha mengungkap rahasia gerakan dansa Michael. Menurut Manjul Tripathi dari Institute of Medical Education and Research gerakan dansa Smooth Criminal bisa dilakukan berkat desain sepatu yang unik dan kekuatan otot inti Michael.



Alas sepatu yang digunakan oleh Michael memiliki lubang berbentuk 'V' yang dapat jadi tempat paku di lantai. Dengan sepatu tertanam mantap di lantai, Michael mencondongkan diri lurus ke depan dengan menempatkan beban di pergelangan kaki dan tulang punggung.

Manjul mengatakan bahkan pada atlet dengan otot inti yang kuat maksimum hanya bisa mencondongkan diri sampai 25-30 derajat. Oleh karena itu Michael kemungkinan cukup atletis untuk bisa meraih sudut kemiringan 45 derajat.

"Beberapa penggemar Michael, termasuk penulis, mencoba menirukan gaya dansa ini dan gagal. Seringnya berakhir dengan cedera," kata Manjul seperti dikutip dari BBC, Selasa (22/5/2018).

"Risiko untuk terjadi cedera pada pergelangan kaki sangat tinggi. Kamu harus memiliki otot inti yang benar-benar kuat untuk mendukung beban di pergelangan kaki. Ini bukan gerakan yang sederhana," pungkasnya.

(fds/up)
News Feed
CNN ID World Now
×
World Now
World Now Selengkapnya