Rabu, 23 Mei 2018 17:15 WIB

Ragam Kanker yang Bisa Muncul ketika Melanoma Menyebar ke Organ Lain

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Halaman 1 dari 5
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Topik Hangat Kanker Kulit Melanoma
Jakarta - Adara Taista, istri Rasyid Rajasa diketahui telah mengidap kanker ini hingga meninggal pada pekan lalu. Belum diketahui jenis melanoma apa yang ia idap selama setahun belakangan.

"Bisa jadi dia karena kulitnya terang, atau dulu waktu kecil ada paparan sinar matahari terus-menerus, bisa juga faktor genetik atau trauma. Trauma bisa disebabkan karena kaki yang terus tergosok dengan tanah (bertelanjang kaki) atau keseringan pakai sepatu yang nggak pas sampai tumbuh kutil yang nyeri di kaki," tutur dr Putu Laksmi Angari Duarsa, SpKK dari RS Surya Husada Denpasar kepada detikHealth, Selasa (22/5/2018)

Sebagai kanker kulit terganas, melanoma memiliki beberapa stadium dari ringan hingga lanjut. Pada stadium lanjut, biasanya kanker ini menyebar ke organ -organ tubuh lainnya lewat darah atau kelenjar limfatik, yang disebut melanoma metastasis.

Begitu melanoma sekali menyebar, bisa jadi sulit untuk ditangani dan disembuhkan. Jika melanoma ditemukan, didiagnosis, dan ditangani sebelum menyebar, maka peluang hidup hingga 5 tahun ke depan bisa 100 persen, dikutip dari Health Line.



Berikut beberapa kanker baru yang bisa timbul dari penyebaran kanker kulit melanoma: (frp/up)
News Feed