Kamis, 24 Mei 2018 16:05 WIB

Kata Pakar Soal Hipertiroid yang Diidap Jet Li 10 Tahun Terakhir

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Penampakan terkini Jet Li saat berfoto dengan seorang penggemar (Foto: Dok. Twitter/@StxNaty) Penampakan terkini Jet Li saat berfoto dengan seorang penggemar (Foto: Dok. Twitter/@StxNaty)
Jakarta - Manajer Jet Li, Steve Chasman mengungkap bintang film laga legendaris tersebut bergelut dengan hipertiroid selama hampir 10 tahun lamanya. Hipertiroid kronis, menurut dokter berisiko memicu komplikasi.

Pakar tiroid dari RS Eka Hospital BSD, dr Indra Wijaya, SpPD menyebut hipertiroid merupakan kondisi ketika produksi hormon tiroid lebih tinggi dari normal. Penyebabnya bisa karena gangguan autoimun maupun peradangan pada kelenjar tiroid.

Dalam jangka pendek, hipertiroid bisa menyebabkan keluhan susah tidur, diare, dan berat badan turun. Terkadang, keluhan jantung berdebar-debar juga bisa menyertai.



Sedangkan hipertiroid yang berlangsung jangka panjang, menurut dr Indra bisa terjadi karena Grave's Disease. Dikutip dari Mayo Clinic, Grave's Disease termasuk gangguan sistem imun yang paling banyak memicu hipertiroid.

"Dampak itu timbul kalau hormonnya tidak terkontrol baik," jelas dr Indra.

Komplikasi jangka panjang pada hipertiroid kronis, menurut dr Indra antara lain meliputi gangguan jantung. Irama jantung yang meningkat adalah salah satunya. Bahkan dalam kondisi tertentu, bisa juga menyebabkan koma.

(up/up)
News Feed