Jumat, 25 Mei 2018 21:05 WIB

Menjadi Pribadi yang Lebih Baik Dimulai dari Pikiran

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Bulan puasa momen terbaik untuk memperbaiki hati dan pikiran (Foto: Pradita Utama) Bulan puasa momen terbaik untuk memperbaiki hati dan pikiran (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Bulan Ramadan merupakan momen untuk mengubah diri menjadi lebih. Pakar mengatakan dari segi kejiwaan, mengubah diri menjadi lebih baik dimulai dari pikiran.

dr Andri, SpKJ, dari RS Omni Alam Sutera, menyebut untuk bisa mengubah perilaku menjadi lebih baik, pikiran harus dibebaskan dari emosi negatif. Sebabnya, pikiran dan perasaan sangat berhubungan dengan perilaku seseorang.



"Kesadaran bahwa harus mulai tidak melakukan hal-hal yang tidak sesuai (dengan norma dan nilai lingkungan), dengan begitu pola pikirnya kan berubah. Kalau pola pikir sudah berubah, baru selanjutnya pola perilakunya," ungkap dr Andri kepada detikHealth.

Berubah menjadi lebih bukan berarti tiba-tiba menjadi alim. Maksud berubah menjadi lebih baik di sini adalah menyadari kita sebagai manusia memiliki kesalahan, dan berupaya untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut di kemudian hari.

Terutama untuk umat muslim yang berpuasa, dr Andri mengatakan selain ibadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan, puasa juga harus dijadikan momen untuk menghilangkan emosi negatif dan menggantinya dengan emosi positif.

"Kan nanti terlahir kembali menjadi orang yang baru, kalau melakukan puasanya dengan baik. Kalau nggak ya, tetap begitu saja berarti nggak ada perubahan," tutupnya.

(mrs/up)
News Feed