Sabtu, 26 Mei 2018 07:10 WIB

Kenalkan, Ini dr Agus Ali Fauzi yang Ceramahnya Kocak dan Viral

Ongq Rifaldy Litualy - detikHealth
dr Agus mendadak viral setelah ceramah motivasi darinya diunggah ke media sosial. (Foto: internet) dr Agus mendadak viral setelah ceramah motivasi darinya diunggah ke media sosial. (Foto: internet)
Surabaya - Tak terbayangkan sebelumnya oleh dr H Agus Ali Fauzi, PGD, Pall Med (ECU), bahwa ceramah motivasinya bakal viral seperti sekarang ini. Gaya bertuturnya yang lugas, ceplas-ceplos dan kadang 'anti mainstream' rupanya banyak membuat orang terkesan.

Bagaimana tidak? Ketika dokter lain cenderung membatas-batasi asupan makanan agar kadar kolesterol, Kepala Instalasi Paliatif RSU Dr Soetomo Surabaya ini malah mengajak pasiennya makan durian dan kepiting.

"Nikmati saja," pesan dr Agus.

Ditemui di tempat kerjanya, dr Agus mengaku baru tahu kalau rekaman ceramah motivasi yang dia bawakan di depan pensiunan BRI Cabang Surabaya Februari 2018 lalu itu jadi viral belakangan ini. Namun demikian, ia bersyukur jika memang banyak yang termotivasi karenanya.

"Alhamdulillah kalau bermanfaat," kata dokter yang sudah berpengalaman memberikan ceramah motivasi selama 15 tahun tersebut.

Gaya ceramah dr Agus yang nyentrik jadi daya tarik tersendiri.Gaya dr Agus yang nyentrik jadi daya tarik tersendiri. Foto: 20detik


Kepada detikHealth, ia mengaku tidak khawatir dikomplain koleganya karena materi ceramahnya yang 'anti mainstream' tersebut. Yang sebetulnya ia ingin tekankan adalah sebisa mungkin menghindari stres, karena seringkali banyak penyakit bermula dari pikiran yang tidak sehat.

"Yang nggak boleh kan kalau berlebihan," kilahnya.

Sebagai dokter paliatif, dr Agus selalu berusaha meringankan penderitaan pada pasien-pasien dengan penyakit kronis. Ia juga mengupayakan agar pasien tetap selalu punya semangat hidup. Spirit, baginya sangat penting dalam pengobatan.

"Sehat itu dari pikiran. Harus selalu fresh, harus bersyukur," kata dokter berusia 55 tahun tersebut.

Bagaimana resepnya bisa selalu kocak dan bahagia? Simak terus obrolan detikHealth bersama dr Agus.

(up/up)
News Feed