Sabtu, 26 Mei 2018 08:17 WIB

Sering 'Menjulingkan' Mata untuk Lihat Gambar 3D? Awas Juling Beneran

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Ada dampaknya enggak ya sering melihat gambar stereogram? (Foto: thinkstock) Ada dampaknya enggak ya sering melihat gambar stereogram? (Foto: thinkstock)
Jakarta - Mengasyikan sekali bermain tebak gambar 3D yang dihasilkan oleh foto stereogram. Bagi yang belum berhasil menemukan, jangan terlalu dipaksakan untuk menemukan ya.

Bahkan sampai menjuling-julingkan hingga mengaburkan pandangan mata untuk mendapatkan gambar 3D. Ternyata memaksa mata dengan cara tersebut dapat menimbulkan efek samping lho.

"Tentu akan menimbulkan kelelahan mata dan mengganggu binokularitas," kata dr Endang Johani, SpM, dari RS Siloam Lippo Village Karawaci saat dihubungi detikHealth.



Binokularitas di sini menurutnya adalah penyatuan bayangan yang dihasilkan oleh penglihatan kanan dan kiri.

Menurut dr Endang, menjulingkan mata bukanlah cara alamiah untuk melihat. Karena akan memaksa melihat di luar fokus, di luar visual axis, yang berakibat mual dan mata capek. Nah lho, jangan berlebihan ya!

Sering 'Menjulingkan' Mata untuk Lihat Gambar 3D? Awas Juling BeneranContoh gambar stereogram yang viral. (Foto: Facebook/Atti Wulandari)


(up/up)
News Feed