Minggu, 27 Mei 2018 14:20 WIB

Soal Peluang Salah Main di Piala Dunia 2018, Ini Komentar Dokter Ortopedi

Suherni Sulaeman - detikHealth
Salah cedera setelah berebut bola dengan Sergio Ramos saat pertandingan final Liga Champions. Foto: REUTERS/Andrew Boyers Salah cedera setelah berebut bola dengan Sergio Ramos saat pertandingan final Liga Champions. Foto: REUTERS/Andrew Boyers
Jakarta - Final Liga Champions berakhir dengan hasil yang mengecewakan bagi Mohamed Salah. Selain menelan kekalahan 1-3 dari Real Madrid, Salah juga mengalami cedera. Kabar terakhir, banyak spekulasi tentang cedera yang dialami Saleh, di antaranya dislokasi bahu dan ligament sprain.

Salah mendarat ke tanah dengan posisi yang kurang sempurna setelah berebut bola dengan Sergio Ramos. Di rekaman ulang, bek Spanyol menahan lengan pemain berusia 25 tahun itu saat mereka berdua terjatuh. Saleh tampak sangat kesakitan setelahnya. Lantas, berapa lama Salah akan absen?

Kepada detikHealth, dokter ortopedi dari Divisi Sport Injury/Shoulder, Departemen Orthopaedi dan Traumatologi, RS Hasan Sadikin Bandung, dr Renaldi Prasetia, menyebutkan ada beberapa proses rehabilitasi sebelum Salah kembali ke lapangan. Ini tergantung dari diagnosis yang dilakukan.


"Kalau cedera bahu, baik itu cedera jaringan lunak atau tulang. Setelah dikonfirmasi dan diperbaiki, ada beberapa proses rehabilitasi sebelum return to sport. Cedera ringan, return to sport 6-8 minggu, cedera kompleks, return to sport 12-16 minggu," kata dr Renaldi.

Sementara itu, Piala Dunia dimulai dalam waktu kurang dari tiga minggu, tepatnya 18 hari lagi. Pertandingan pertama Mesir melawan Uruguay berlangsung pada hari kedua turnamen. Soal peluang Salah bermain di Piala Dunia 2018, dikatakan dr Renaldi, hampir pasti Salah gagal memperkuat Mesir di Piala Dunia.

"Jadi kecil kemungkinan dengan Piala dunia yang sekitar 2 minggu lagi. Mohamed Salah berperan serta secara optimal," terang dr Renaldi.

Namun sekali lagi, dr Renaldi menegaskan, perlu pemeriksaan X-ray untuk evaluasi tulang dan MRI (Magnetic Resonance Imaging) untuk evaluasi jaringan lunak sekitar tulang. Hal ini dilakukan untuk konfirmasi diagnosis. Lekas sembuh ya Salah!

[Gambas:Video 20detik]

(hrn/up)
News Feed