Rabu, 30 Mei 2018 09:27 WIB

Gadis Ini Tutupi Tumor Besar di Matanya dengan Rambut

Widiya Wiyanti - detikHealth
Sophia menyembunyikan tumor besar di matanya dengan rambut. Foto: YouTube Sophia menyembunyikan tumor besar di matanya dengan rambut. Foto: YouTube
Jakarta - Gadis remaja pemalu asal Butuan, Filipina memiliki trik untuk menyembunyikan tumor besar yang tumbuh hingga menutupi matanya dengan menggunakan rambutnya coklatnya.

Sophia Savillaga, remaja berusia 16 tahun itu mengaku sudah terbiasa dengan kondisinya itu dan menjalani kehidupannya seperti biasa, seperti pergi ke sekolah dan bermain dengan teman-temannya.

"Aku sudah terbiasa. Tapi aku khawatir itu akan menjadi lebih buruk," ujarnya dikutip dari The Sun.

Dokter tidak pernah mendiagnosis kondisi Sophia, tetapi dianggap sebagai retinoblastoma atau medulloepithelioma. Keduanya merupakan kanker yang dimulai biasanya pada anak-anak.


Ini bermula ketika Sophia dilahirkan dengan mata kiri yang berdarah. Beranjak pada usia tujuh tahun, matanya mulai membengkak. Ia pun perlahan kehilangan penglihatan ketika tumor itu membesar dan melebar.

"Dia selalu mengeluh bahwa matanya sakit," tutur sang ibu, Erlinda.

Sophia dengan ibunya.Sophia dengan ibunya. Foto: YouTube


Empat tahun lalu, Sophia dibawa ke dokter namun dokter mengatakan bahwa tumor itu tidak bisa disembuhkan. Ia pun dirujuk ke dokter spesialis untuk dilakukan biopsi.

Sayangnya, sejak ayahnya meninggal, Sophia tidak pernah lagi melakukan pengobatan karena tidak mampu membayar biaya perawatannya hingga tumor di matanya tumbuh lebih besar dari bola tenis.

"Aku mencoba menyembunyikan mataku ketika aku bersama orang-orang," kata Sophia.





Tonton juga 'Tolong! Derita Bocah Almira karena Dua Tumornya':

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/up)
News Feed