Kamis, 31 Mei 2018 14:29 WIB

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Gambar Seram di Bungkus Rokok Pakai Model Asli Indonesia, Ini Alasannya

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Ketiga gambar seram ini akan menggantikan gambar lama yang dinilai kurang menakutkan (Foto: Puskom Kemenkes) Ketiga gambar seram ini akan menggantikan gambar lama yang dinilai kurang menakutkan (Foto: Puskom Kemenkes)
Jakarta - Kementerian Kesehatan menyampaikan bahwa tiga dari lima gambar seram di bungkus rokok akan diganti. Dari ketiganya, dua di antaranya menggunakan model asli dari Indonesia, yang merupakan pengidap penyakit terkait rokok.

"Perubahan yang dilakukan adalah dari 5 gambar lama, digantikan dengan 3 gambar baru dan 2 diantaranya merupakan dampak yang dialami langsung oleh dua orang penderita yang berasal dari Indonesia," kata Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, dalam peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (31/5/2018).

Model asli Indonesia yang diklaim sebagai korban rokok tersebut dipilih untuk mempertegas dampak buruk asap rokok. Menurut Menkes Nila, dampak rokok berupa penyakit-penyakit mematikan, terjadi juga di Indonesia.



Sebelumnya, lima gambar seram di bungkus rokok atau Pictorial Health Warning (PHW) merupakan gambar yang diadaptasi dari bungkus rokok di luar negeri. Salah satu di antaranya adalah gambar pria berkumis, yang alih-alih menyeramkan, justru banyak dijadikan lelucon. Gambar pria tersebut, konon diambil dari bungkus rokok di Thailand.

Kementerian Kesehatan memutuskan untuk mengganti 3 dari 5 gambar seram yang dipakai selama ini. Alasannya, berdasarkan evaluasi yang dilakukan ketiga gambar tersebut dianggap kurang menakutkan, tidak membuat perokok ingin berhenti, dan tidak membuat seseorang mengurngkan niat untuk mencoba merokok.

Salah satu gambar seram yang justru banyak dijadikan lelucon.Salah satu gambar seram yang justru banyak dijadikan lelucon. Foto: internet




(up/up)
News Feed