Kamis, 31 Mei 2018 18:13 WIB

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

7 Tips Berhenti Merokok

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Larangan merokok di Hong Kong (Foto: Dhani Irawan/detikcom) Larangan merokok di Hong Kong (Foto: Dhani Irawan/detikcom)
Jakarta - Sudah banyak orang tahu dampak yang ditimbulkan dari merokok. Termasuk dampaknya bagi perokok pasif, yang harus ikut menanggung dampak buruk paparan asap rokok yang bukan karena ulahnya.

Maka dari itu, mari berhenti rokok dari sekarang. Jika bukan sekarang ya kapan lagi? Atau masih merasa sulit untuk memulai berhenti merokok?

Kementerian Kesehatan memberika 7 tips berhenti merokok sebagai berikut:



1. Bulatkan tekat
Nah jika sudah ada niat, maka lebih dimantabkan agar menjalankannya juga konsisten, dan jika perlu diingat kembali alasan berhenti merokok.

2. Berhenti merokok seketika
Jika dirasa susah, bisa dengan mengurangi jumlah batang rokok perhari loh, asal konsisten berkurangnya ya.

3. Kenali waktu dan situasi
Kenali waktu-waktu dimana biasanya merokok, misal setelah makan bisa diganti dengan memakan buah atau bercengkrama dengan teman untuk mengalihkan perhatian dari rokok.

4. Dukungan dari keluarga
Jika niat sudah ada, jangan lupa minta dukungan dari keluarga, dukungan bisa berupa teguran jika lupa dan menyarankan menabung uang yang biasa digunakan untuk membeli rokok.

5. Tahan keinginan menunda
Melakukan sesuatu jangan setengah-setengah, ketika sudah bulat tekatnya jangan ditunda. Jangan pernah berkata besok jika bisa melakukannya sekarang.

6. Berolahraga
Berolahraga secara teratur baik untuk tubuh loh, terlebih untuk membersihkan sisa-sisa asap rokok yang tertinggal di tubuh. Jika sudah berolahraga kan sayang bila kembali merokok, jadi bisa bergmhenti merokok.

7. Konsultasi dengan dokter
Konsultasi diperlukan, terutama jika sudah terkena tanda-tanda dampak akibat asap rokok. Jika sudah seperti ini mau tidak mau ya harus berhenti, tetapi ingat harus konsultasi dengan dokter ahlinya ya.

(up/up)
News Feed