Selasa, 12 Jun 2018 11:18 WIB

Benarkah Rutin Minum Susu Bisa Kurangi Risiko Hipertensi?

Tia Reisha - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta -
Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang bisa berakibat fatal jika tidak diatasi dengan tepat. Bahkan hipertensi bisa menyebabkan kematian karena penyakit kardiovaskular yang menyertainya.
Salah satu cara yang bisa dilakukan demi mencegah risiko hipertensi adalah dengan rutin minum segelas susu per harinya. Pasalnya, susu memiliki kandungan kalsium yang tinggi untuk membantu mengurangi risiko hipertensi.
Journal of Nutrition merilis studi yang mengungkapkan bahwa orang yang minum susu satu gelas setiap harinya memiliki risiko hipertensi yang lebih rendah dibanding orang yang tidak meminum susu setiap hari.
Studi dari Journal of American Heart Association juga menemukan bahwa mengganti karbohidrat dalam menu diet dengan makanan yang mengandung susu berprotein bisa menurunkan tekanan darah sistolik pada pasien hipertensi maupun prehipertensi.
Namun manfaat susu tidak hanya untuk menurunkan hipertensi, melainkan bisa juga untuk menjaga kepadatan tulang karena mengandung vitamin D dan magnesium. Sehingga dengan minum susu, orang dewasa tidak akan rentan mengalami pelemahan tulang.
Maka mulailah rutin meminum susu seperti Entrasol yang rendah lemak dan mengandung ekstrak zaitun, omega 3 dan 6, serta kaya vitamin dan mineral. Sehingga bisa membantu menjaga daya tahan tubuh serta memperlambat proses penuaan dini.


(ega/up)
News Feed