Selasa, 12 Jun 2018 17:20 WIB

Rekam Bagian Intim Pasien Wanita, Dokter Diduga Lakukan Pelecehan

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Ilustrasi dokter di rumah sakit (Foto: thinkstock) Ilustrasi dokter di rumah sakit (Foto: thinkstock)
Jakarta - Seorang dokter di Victoria, Australia, disebut melakukan pelecehan seksual setelah satu orang pasien wanita melaporkan adanya kamera dan peralatan perekam lainnya di kamar pemeriksaan.

Dokter berusia 68 tahun yang tak disebutkan namanya itu praktik di klinik Ely St, Wangaratta, dengan pengalaman praktik lebih dari 40 tahun.



Pasien melaporkan dokter tersebut ke polisi karena curiga atas hasil pemeriksaan kesehatannya yang dilakukan pada bulan Oktober tahun 2017 lalu.

Sang dokter disebut mengambil gambar bagian intim wanita dengan sengaja. Polisi menyebut kasus ini sedang dalam penyidikan, mengingat kemungkinan adanya pasien lain yang menjadi korban dokter tersebut.

"Melalui pemeriksaan data dan arsip pelaku, kami bisa mengidentifikasi terduga korban yang mengalami pelecehan," ungkap Joy Arbuthnot dari kepolisian Victoria.

Sang korban menuturkan, kecurigaan berawal dari dokter yang tidak menggunakan sarung tangan saat melakukan pemeriksaan. Setelah itu, ia mendapati adanya upaya pengambilan gambar oleh dokter tersebut.

Lara Roseke dari Royal Australian College of General Practitioners menyebut pemeriksaan apapun terhadap wanita, dokter harus menggunakan sarung tangan. Apalagi jika yang diperiksa merupakan bagian intim.

"Jika dokter tak menggunakan sarung tangan, maka ia menyalahi standard operasional dokter di ruang periksa," ungkapnya.

(mrs/up)
News Feed
Layar Pemilu
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya