Senin, 18 Jun 2018 10:15 WIB

Kulit Berminyak? Ini Triknya Agar Perjalanan Mudik Tak Bikin Jerawatan

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Trik agar tidak jerawatan bagi yang punya kulit berminyak di kala mudik. Foto: iStock Trik agar tidak jerawatan bagi yang punya kulit berminyak di kala mudik. Foto: iStock
Jakarta - Perjalanan mudik yang bisa memakan waktu berjam-jam membuat kulit rentan terpapar debu, partikel asap kendaraan, hingga sinar matahari. Bagi pemilik kulit berminyak, perjalanan mudik bisa bikin was-was.

Dr dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari D&I Skin Centre Denpasar mengatakan pemiliki kulit berminyak lebih rentan jerawatan. Apalagi jika kulit minyak terpapar debu dan kotoran selama perjalanan mudik.


"Kalau di perjalanan, jendelanya dibuka ya bisa kena debu terus. Nah debu dan kotoran itu kan bisa menyumbat pori-pori wajah, jadinya jerawatan deh, apalagi bagi yang punya kulit berminyak," ujar dr Darma saat dihubungi detikHealth.

dr Darma menyebut untuk mencegah timbulnya jerawat, faktor penyebabnya harus dihilangkan. Untuk hal ini, debu dan kotoran yang menempel di wajah saat perjalanan mudik harus rajin-rajin dibersihkan.

Ia menyarankan untuk cuci muka dan membasuh kulit wajah setiap 4-5 jam sekali. Dengan begitu, debu dan kotoran yang menempel bisa hilang, sekaligus membersihkan minyak berlebih di wajah.

"Jadi daripada sampai tempat tujuan mudik dengan jerawatan, lebih baik berhenti dulu setiap 4-5 jam untuk cuci muka, membersihkan wajahnya," tuturnya.

(mrs/up)
News Feed