Senin, 18 Jun 2018 14:22 WIB

1.200 Warga Ikuti Yoga Massal di Acara International Day Of Yoga di Bali

Nandhang Astika - detikHealth
1.200 warga ikut yoga massal. Foto: Nandhang Astika 1.200 warga ikut yoga massal. Foto: Nandhang Astika
Denpasar - Sebanyak 1.200 orang dari berbagai negara mengikuti festival yoga di lapangan Niti Mandala Renon Denpasar. Kegiatan ini untuk menyambut peringatan hari yoga internasional 21 Juni mendatang.

Acara ini dilaksanakan atas kerjasama dari Konjen India, Pemprov Bali, Indian Council for Cultural Relations, dan Balinese and Indian Friendship Association. Peserta berasal dari sejumlah yoga dari Indonesia dan India. Mereka telah bersiap di lapangkan sejak pukul 05.30 wita.

"Yoga sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan bersyukur telah disetujui hari yoga internasional sejak 2015 lalu. Ini merupakan kegiatan yang keempat di Bali," kata Gusti Raka Panji Tisna, panitia sekaligus instruktur yoga di lapangan Niti Mandala Renon, Minggu (17/6/3018).


Belakangan yoga memang telah menjadi gaya hidup. Seiring hal tersebut kelas yoga juga berkembang cukup pesat. Bahkan di Bali, yoga juga telah masuk ke dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah formal.

Melihat kondisi itu, Panji mengungkap yoga hadir diwaktu yang tepat. "Penyakit sekarang disebabkan oleh gaya hidup sehingga harus diobati dengan gaya hidup juga yaitu dengan yoga," urainya.

Yoga massal di Denpasar.Yoga massal di Denpasar. Foto: Nandhang Astika


Sementara sejumlah peserta mengaku tertarik dan bangga bisa mengikuti hari yoga internasional. Mereka juga berharap tahun depan bisa ikut berpartisipasi pada acara ini lagi.

"Belajar yoga sudah 6 tahun tertarik karena ingin hidup sehat dengan yoga. Juga bisa membuat pikiran lebih tenang dan emosi kita terkontrol," ujar Komang Suriati.

Sudarsana, kakek 73 tahun juga mengatakan hal serupa. Menurutnya sejak mengikuti yoga 3 tahun terakhir dia merasa lebih segar diusia senja. Bahkan kakek 5 cucu ini juga rajin mempraktekkan yoga di rumahnya.

1.200 warga ikuti yoga massal.1.200 warga ikuti yoga massal. Foto: Nandhang Astika


"Bagi saya yoga sangat penting untuk menjaga kesehatan. Apa lagi seperti saya yang sudah berumur," katanya usai acara.

Kegiatan yoga massal ini berlangsung sekitar 90 menit. Warga berbagai usia tampak berbaur diatas karpet masing-masing. Dari anak berusia 10 tahun hingga lansia 78 tahun pun ikut meramaikan acara ini.

Diiringi musik instrumental peserta melakukan gerakan yoga mulai dari sukhasana atau duduk bersila, tree pose atau posisi berdiri dengan salah satu kaki dilipat ke bagian paha kaki sebelahnya hingga banyak gerakan yoga lainnya.

"Kalau saya baru pertama ikut yoga di acara hari yoga internasional ini. Seru, banyak nambah pengalaman," ungkap Ayu Diah.



(wdw/wdw)
News Feed