Senin, 18 Jun 2018 17:04 WIB

Cegah Kulit Kering, Jangan Lupa Cuci Muka Jika Menyalakan AC

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Ilustrasi mudik naik mobil dengan ac menyala. Foto: Istimewa Ilustrasi mudik naik mobil dengan ac menyala. Foto: Istimewa
Jakarta - Mudik dengan mobil pribadi lewat jalur darat menjadi pilihan? Jangan lupa cuci muka ya jika selama perjalanan menyalakan AC.

Dr dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, dari D&I Skin Centre Denpasar, mengatakan paparan AC selama berjam-jam saat perjalanan mudik tentunya akan memengaruhi. Terpapar AC terlalu lama bisa menyebabkan kulit kering.


"Mau macet atau jalan, asalkan mobilnya tertutup lalu menyalakan AC berjam-jam, tentu bisa bikin kulit kering, apalagi bagi pemilik kulit sensitif," ujar dr Darma saat dihubungi detikHealth.

AC dikatakan dr Darma mempercepat proses penguapan cairan yang ada di kulit. Itu sebabnya meski dingin menyejukkan, paparan AC bisa membuat kelembapan kulit berkurang dengan cepat.

Untuk itu, ia menyarankan agar jangan lupa cuci muka setelah berjam-jam terpapar AC. Rest stop atau tempat peristirahatan bisa dijadikan pilihan tempat untuk mencuci dan membasuh muka.

"Jadi setiap berhenti, jangan lupa cuci muka pakai air. Setelah itu wajib gunakan pelembap. Jadi cuci muka air masuk ke kulit, pelembap mencegahnya nggak mudah menguap ketika terpapar AC," tuturnya.

(mrs/up)
News Feed