Kamis, 21 Jun 2018 14:08 WIB

Keasyikan Main Game, Bocah Ini Alami Pembengkakan Saluran Kemih

Muhamad Reza Sulaiman, Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Keasyikan main game membuat bocah ini enggan pergi ke toilet untuk buang air. Foto: Thinkstock Keasyikan main game membuat bocah ini enggan pergi ke toilet untuk buang air. Foto: Thinkstock
Jakarta - Keasyikan main game membuat seorang bocah 10 tahun asal London, Inggris, malas pergi ke kamar mandi untuk buang air. Akibatnya, ia mengalami pembengkakan usus dan saluran kemih, serta harus dilarikan ke rumah sakit.

dr Jo Begent dari University College Hospital, London, mengatakan bocah yang tak disebutkan namanya itu keasyikan bermain game selama lebih dari 8 jam bersama sang ayah. Awalnya, dr Begent menjadi menyangka usus dan saluran kemih bocah tersebut bengkak karena ada tumor.



"Bocah ini mengeluh sakit dan tidak bisa buang air, dan ada pembengkakan di perut bagian bawah. Pemeriksaan MRI menunjukkan bahwa saluran kemih dan usus pasien bengkak karena kotoran yang menyumbat," ujarnya, dikutip dari Telegraph.

Dokter menyebut bocah tersebut kehilangan fungsi kemih dan buang air besarnya. Kotoran yang seharusnya dibuang pun akhirnya menumpuk di dalam usus, begitu pula air seni yang ada di kantung kemih.

"Anda bisa merasakannya, keras di bagian perut bawah. Makanya kami sempat menduga ini adalah kanker," tambahnya lagi.

Untungnya, kondisi ini tak mengancam nyawanya. Bocah tersebut sudah kembali sembuh dengan obat pencahar yang dikombinasikan dengan terapi psikologis.

(mrs/up)
News Feed