Kamis, 21 Jun 2018 15:31 WIB

Ketahui Kebutuhan EPA dan DHA untuk Perkembangan Otak Si Kecil

Moch Prima Fauzi - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Eicosapentaenoic Acid (EPA) dan Docosahexaenoic Acid (DHA) merupakan nutrisi yang dikenal bisa membantu perkembangan otak sehingga menstimulasi kecerdasan Si Kecil. Kebutuhan DHA bisa didapat ketika Si Kecil masih mendapatkan ASI. Namun ketika tak lagi menyusui, kadar DHA dalam tubuhnya mulai berkurang.

Meski tubuh dapat mengubah DHA dari asam lemak yang berasal dari makanan, proses tersebut tidak efisien karena fungsi saluran cerna Si Kecil belum sempurna. Oleh karena itu, penting bagi Si Kecil untuk mendapatkan DHA dalam jumlah yang cukup dari makanan mereka.

Medical Officer Kalbe, dr. Claudia Anggi Citra Putri, menjelaskan manfaat yang bisa didapat dari EPA dan DHA bagi Si Kecil. DHA memiliki peran penting pada perkembangan sel-sel otak. Selain itu, DHA juga membantu perkembangan kemampuan motorik dan ketajaman penglihatan serta membantu dalam metabolisme lemak pada Si Kecil.


Sementara EPA lebih memiliki peran penting pada pola tingkah laku dan mood Si Kecil. dr. Anggi menambahkan kombinasi dari EPA dan DHA terbukti memberikan manfaat terhadap perkembangan Si Kecil. Lantas berapakah jumlah kebutuhan EPA dan DHA yang diperlukan setiap harinya?

"Kebutuhan Si Kecil akan omega 3 berdasarkan AKG tahun 2013 yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan berkisar antara 500-1200 mg yakni pada usia 0-11 bulan kebutuhan omega 3 harian adalah 500 mg, 1-3 tahun 700 mg, usia 4-9 tahun 900 mg. Pada usia lebih dari 10 tahun kebutuhan berkisar antara 1000-1200 mg per hari," ujar dr Anggi kepada detikHealth.

Ia menjelaskan EPA dan DHA bisa didapatkan dalam makanan kaya omega 3 (EPA dan DHA) yang mayoritasnya bisa didapat dari ikan-ikan laut dalam seperti tuna, makarel, dan salmon. Sedangkan sumber omega 3 nabati bisa didapat dari berbagai biji-bijan dan kacang-kacangan seperti biji flax, biji chia, kacang almond, dan walnut.


Meski begitu, bahan pangan ini memang sulit dijangkau dan bukan merupakan bahan pangan yang lumrah dikonsumsi harian. Apalagi jika Si Kecil tergolong rewel atau pemilih dalam mengonsumsi makanan.

Namun tak perlu khawatir, kini telah tersedia Cerebrofort Marine Gummy, satu-satunya permen gummy yang mengandung minyak ikan tuna. Dengan kandungan DHA dan EPA, gummy ini bisa meningkatkan kecerdasan otak Si Kecil. (ega/up)
News Feed