Kamis, 21 Jun 2018 18:03 WIB

Keluhan Selama Mudik: Tertinggi ISPA, Hipertensi Tahun Ini Turun

Widiya Wiyanti - detikHealth
Angka hipertensi yang dikeluhkan pemudik menurun dibandingkan tahun lalu. Foto: Robby Bernardi Angka hipertensi yang dikeluhkan pemudik menurun dibandingkan tahun lalu. Foto: Robby Bernardi
Jakarta - Momen mudik memang banyak yang harus dipersiapkan dan diperhatikan, kesehatan salah satunya. Dengan kesehatan yang prima, maka perjalanan mudik menjadi aman dan nyaman.

Kesehatan para pemudik selalu dipantau oleh Menteri Kesehatan RI Nila F. Moeloek. Menkes Nila mendapat laporan bahwa angka tertinggi penyakit yang menyerang pemudik adalah infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

"Penyakit yang terutama tertinggi ISPA, karena daya tahannya turun jadi mudah sekali sakit dan terkena infeksi," ujarnya saat ditemui di Kementerian Kesehatan RI, Jl Rasuna Said Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (21/6/2018).


Sedangkan angka penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) menurun 30-40 persen dibandingkan musim mudik tahun lalu. Hal ini diungkapkan Menkes Nila karena tingginya kesadaran masyarakat.

"Angka sementara hipertensi rendah, memang pemudik ini telah mempersiapkan dirinya tidak lupa bawa obat dan tidak stres di perjalanan sehingga mereka tensinya agak lebih rendah," tutur Menkes Nila.

Sebelumnya pun, Kemenkes pun telah menyediakan pos-pos kesehatan di beberapa tempat. Ditambah dengan siap siaganya puskemas dan rumah sakit di sepanjang jalur mudik.

(wdw/up)
News Feed