Jumat, 22 Jun 2018 07:38 WIB

Kena Sinar Laser, Retina Mata Bocah Ini Terbakar

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Retina terbakar akibat sinar laser. Foto: ilustrasi/thinkstock Retina terbakar akibat sinar laser. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Bahaya memainkan sinar laser bukan candaan. Seorang bocah berusia 9 tahun asal Yunani mengalami luka bakar di retina matanya karena memainkan sinar laser.

dr Sofia Androudi, pakar kedokteran mata dari University of Thessaly, Yunani, menyebut bocah tersebut mengalami luka bakar yang membuat bagian makula di matanya bolong. Makula merupakan bagian dari retina yang fungsinya memerhatikan detail saat membaca, menyetir, dan juga mengenali wajah.


Sang bocah yang tak disebutkan namanya ini diketahui mengalami luka bakar di retina setelah berulang kali menyenterkan lampu sinar laser hijau ke matanya. Umumnya, lubang pada makula bisa ditangani dengan operasi.

"Operasi penanganan lubang pada makula akan memunculkan efek samping lain, yakni katarak, sehingga penanganannya memang harus dua kali," ujar Androudi, dikutip dari CNN.

Dokter menduga pasien sudah mengalami cedera di matanya jauh sebelum dibawa ke dokter. Saat ini, kemampuan melihat pasien hanya tersisa 20 persen di mata kanannya.

"Sayangnya karena lubang ini disebabkan oleh luka bakar karena laser, saraf yang ada pada matanya sudah rusak total. Meski operasi berhasil, penglihatan pasien tetap tidak akan kembali normal," tutupnya.

Kasus ini dipublikasikan di jurnal New England Journal of Medicine.

(mrs/up)
News Feed