Jumat, 22 Jun 2018 10:55 WIB

Serbuan Nyamuk Pasca Mudik

Saran Ahli Agar Rumah Tak Jadi Sarang Nyamuk Saat Ditinggal Mudik

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Ditinggal mudik ART jangan jadi alasan untuk bikin rumah jadi sarang nyamuk. Foto: thinkstock Ditinggal mudik ART jangan jadi alasan untuk bikin rumah jadi sarang nyamuk. Foto: thinkstock
Jakarta - Selama libur lebaran, banyak rumah yang ditinggal mudik. Sampah menumpuk, air bak mandi yang menggenang jadi tempat bertumbuhnya jentik-jentik nyamuk. Ditinggal ART (Asisten Rumah Tangga) jangan jadi alasan untuk membiarkan bak mandi menjadi kotor karena bisa jadi sarang berkembang biaknya para nyamuk.

"Jika terkait dengan libur panjang, yang berpotensi jadi sarang nyamuk adalah bak mandi, bak WC, ember atau tempat penampungan air yang terbuka," ujar peneliti nyamuk, Triwibowo Ambar Garjito kepada detikHealth.


Pakar nyamuk yang akrab dipanggil Triwibowo ini menegaskan bahwa nyamuk khususnya Aedes Aegypti akan mudah berkembang biak di tempat-tempat tersebut.

Saran pakar nyamuk yang bekerja di B2P2VRP (Balai Besar Litbang Vektor dan Reservoir Penyakit) Salatiga ini, sebelum berangkat mudik sebaiknya bak-bak tersebut dikuras atau dikeringkan, atau bisa dengan ditutup.

(Nabilla Nufianty Putri/up)
News Feed